Liburan 3 Hari Di KL dan Singapura Kemana Saja Enaknya?

Nasib orang kantoran kayak gue emang susah nyari waktu buat liburan karena jatah liburnya terbatas tapi masih bisa disiasati dengan mengambil libur di hari weekend atau hari libur kejepit. Jadi gue ngambil cuti 1 hari di hari Jumat sehingga punya waktu 3 hari untuk berlibur, nah dalam waktu sesingkat itu gue memutuskan untuk liburan ke Kuala Lumpur dan Singapura dengan mengambil penerbangan Airasia Palembang-Kuala Lumpur di pagi Jumat dan pulangnya malam senin lewat Batam ke Palembang menggunakan maskapai singa merah. Waktu 3 hari memang tidak banyak tapi tetap harus maksimal liburannya. Oleh karena itu gue sharing pengalaman liburan super cepat selama 3 hari di KL dan Singapura. Hmmm kira-kira enaknya kemana ya???

Day 1 Jumat
Sampai Kuala Lumpur siang hari, dari bandara menuju KL Sentral segera menyewa loker di lantai 1 untuk menyimpan ransel seharga 5 – 20 RM tergantung ukuran loker, lalu membeli tiket on the spot kereta api di lantai 2 KL Sentral untuk keberangkatan nanti jam 11 malam atau kalau takut kehabisan tiket kereta bisa beli lewat online di http://www.ktmb.com dengan pembayaran menggunakan kartu kredit. Jika tiket kereta habis bisa menggunakan bus ke Singapura dari terminal Bandar Tasik Selatan (BTS). Harga tiket kereta api sekitar 35 Ringgit.
Destinasi wajib di KL apalagi kalau bukan Twin Tower Petronas, di sini terdapat mall Suria KLCC, KLCC Park yang teduh dan Aquaria. Anda bisa juga naik ke lantai atas di dalam Petronas untuk mengunjungi Petrosains Science Discovery Centre atau menonton konser artis Malaysia di convention centre kalau sedang ada konser, waktu gue kesana ada jadwal Siti Nurhaliza konser. Foto-foto di depan Twin Tower dan di taman Suria KLCC sampai puas.

IMG_20150621_232320
Air Mancur di Taman Suria KLCC Petronas

Satu jam cukup mengeksplore Twin Tower Petronas lanjut naik LRT menuju stasiun pasar seni kemudian naik bus GO KL warna ungu menuju Bukit Bintang, bus ini gratis, gue sengaja naik bis ini untuk melihat kota Kuala Lumpur dari atas bus dan tidak berniat turun di Bukit Bintang tapi kalau anda doyan cuci mata di mall, stop saja di Bukit Bintang banyak sekali mall disini mulai dari Pavillon untuk dan Berjaya Times Square untuk barang-barang Branded, Sungei Wai, Low Yat Plaza (gadget dan komputer, ada juga Lot 10 dan Fahrenheit. Jadi gue naik bis ungu dari pasar seni sampai kembali lagi ke pasar seni. Terus mampir ke Central Market tempat menjual suvenir dengan harga sedikit lebih mahal dari Petaling Street, sore sampai malam gue belanja oleh-oleh di Petaling Street, jalan ini kalau malam hari sangat meriah dengan adanya lampion-lampion yang menyala di malam hari dan sangat ramai pengunjung, berhati-hatilah dalam membawa tas dan dompet. Banyak sekali jenis barang yang dijual di sini yaitu suvenir, baju, tas dan bermacam-macam street food. Gue membeli jam tangan, pajangan twin tower, baju kaos, dan gantungan kunci. Makanan dan coklat gue beli di My Din tak jauh dari Petaling Street.

IMG_20150621_104235
Bus GO KL Gratis Line Ungu Melewati Area Bukit Bintang
IMG_20150621_151516
Pasar Seni Tempat Jualan Bermacam-macam Sovenir
IMG_20150621_145049
Suasana Petaling Street Siang/Sore Hari
IMG_20140502_210911
Suasana Petaling Street Malam Hari

Sebelum jam 8 malam gue ke Twin Tower lagi untuk menonton atraksi Dancing Water di air mancur taman suria KLCC yang dimulai jam 8 malam, jadi ini pertunjukan air mancur yang menari-nari di tambah efek sinar laser dan lampu warna-warni sehingga sangat atraktif untuk di tonton. pokoknya saya anjurkan menonton Dancing Water yang romantis ini. Sambil menunggu kereta berangkat bisa window shopping dulu di mall Nu sentral yang berdampingan dengan KL Sentral.

IMG_20140502_203054
Twin Tower Malam Hari
IMG_20140502_203350
Dancing Water

Day 2, Sabtu
Kereta Api sampai Singapura pagi jam 7, naik bis menuju stasiun MRT Woodland, sarapan pagi di Ananas Cafe, makanan disini harganya terjangkau berkisar 2-4 SGD dan halal. Gue membeli kartu Ez-Link untuk digunakan sebagai alat pembayaran naik MRT, bus ataupun belanja di minimarket. Gue telah booking hostel di daerah Chinatown yaitu Chinatown Backpacker Hostel yang lokasinya cuma tinggal kayang ke masjid Jami’ Chulia, Sri Mariamman Temple (kuil hindu), kelenteng Buddha Tooth Relic dan pusat belanja kaki lima di Chinatown. Kalau lapar ada Maxwell Food Centre yang di dalamnya ada kedai halal Aspirasi Chicken Rice yang jualan andalannya adalah nasi ayam goreng yang ayamnya super-duper besar sepadan dengan harganya sekitar 5 SGD atau 50 ribu kalau di rupiahin (mahal hiks..hiks, bungkus saja lalu makan di hostel bisa untuk 2 x makan saking besar porsinya). Pokoknya Chinatown ini perfect place untuk menginap.

IMG_20140503_154937
Kedai Halal di Maxwell Food Centre Chinatown
IMG_20140503_135625
Maxwell Food Centre
IMG_20140503_132104
Suasana Makan Siang yang Ramai di Maxwell Food Centre
IMG_20140503_110308
Belanja Di Kawasan Chinatown
IMG_20140503_141913
Masjid Jami Chulia
IMG_20140503_174420
Sri Mariamman Temple
IMG_20140503_135756
Kelenteng Buddha Tooth Relic

Masih pagi belum bisa check in di hostel, titip ransel saja di hostel, lanjut jalan-jalan mengeksplore area Chinatown, selain street shop dan street food ada juga toko Tintin yang menjual pernak-pernik Tin-Tin bagi penggemar komik petualangan Tintin. Setelah jam 1 siang check in di hostel, tidur untuk istirahat karena siang hari singapura panasnya poll tenan (adek yang putih bak salju ini tak mau jadi hitam bak pantat panci hehehe).

Sore hari lanjut jalan ke Vivo City Mall karena mall ini akan menghubungkan kita dengan Sentosa Island dimana Universal Studio berada. Mall Vivo City tersambung dengan dermaga ferry ke Batam jadi gue membeli tiket kapal ferry Batam Fast seharga 25 SGD untuk keberangkatan minggu sore besok. Kelar membeli tiket gue menuju lantai paling atas mall ini yang merupakan tempat terbuka dengan pemandangan luar biasa indah, dari tempat ini kita bisa melihat laut Singapura, kapal-kapal ferry dan Sentosa Island ditambah lagi terdapat pantai buatan tempat anak-anak bermain air dan spot=spot foto yang keren. Kalau lapar kita bisa ke food court Food Republic yang menjual berbagai makanan termasuk gerai makanan Indonesia, makanan disini harganya mulai dari 5 SGD. Bagi yang hobi belanja barang-barang Jepang yang lucu, imut dan murah bisa mampir ke Daiso yang membuka cabang di Vivo City tak jauh dari Food Republic.
Gue ke Sentosa Island menggunakan monorail dari mall Vivo City ini, selain monorail bisa juga menggunakan cable car atau jalan kaki. Tidak sah ke Singapura tanpa mengunjungi Universal Studio, gue cukup puas berfoto di depan bola raksasa ikon Universal Studio ini karena tiket masuknya mahal sekitar 65 SGD. Bagi pecinta permen terdapat toko permen Candylicious yang memiliki patung=patung lucu yang sering dijadikan spot untuk foto-foto. Puaskanlah diri anda bermain-main di arena Universal studio ini walaupun tidak masuk ke dalam, tempat ini gue rekomendasikan untuk di kunjungi.

IMG_20140503_175104
Tintin Shop di Chinatown
IMG_20140503_185104
Pantai Buatan di Rooftop Vivo City
IMG_20140503_193741
Harus Sabar Nunggu Orang Lain Tidak Berfoto di Sini

Jam 8 malam gue menuju Marlion Park, ternyata malam minggu Marlion Park sangat ramai, gue duduk-duduk menikmati suasana sambil makan es krim Uncle yang tersohor. Gue berniat buat nonton Laser Show di Marina Bay, nah Marlion Park adalah tempat yang sempurna untuk menonton pertunjukan tersebut, gue mengira pertunjukannya hanya jam 20.00 malam saja ternyata jam 21.30 ada lagi pertunjukan laser ini, sungguh pertunjukan laser yang spektakuler selama 15 menit mata kita akan dimanjakan tarian laser yang warna-warni didukung audio berkualitas yang membahana ke seantero Marina Bay, pertunjukan Shymphoni of Light Hongkong lewat.. watt.. wat.

IMG_20140503_215107
Suasana Marlion Park Malam HariΒ 
IMG_20140503_215118
Marina Bay di Malam Hari
IMG_20140503_215113
Singapura Flyer di Malam Hari

Day 3 Minggu
Pagi-pagi jam 7.30 gue sudah check out dari hostel dan titip ransel ke resepsionis, sengaja pagi keluar untuk mengunjungi Marlion Park di pagi hari agar lebih leluasa berfoto dengan singa muncrat karena semalam terlalu banyak turis. Hasilnya luar biasa puas karena masih sepi dan langit cerah berwarna biru, sangat mendukung untuk mendapatkan foto yang cantik.
Pagi-pagi tampak beberapa orang jogging disini, kondisi tempat ini memang cocok untuk melakukan olahraga pagi, kalau gue sih jalan kaki dan naik turun tangga di stasiun MRT di Singapura saja sudah bikin badan gempor tak perlu lagi di tambah olahraga.

IMG_20140504_082425
Adek Haus Bang, Air Mahal di Singapura
IMG_20140504_115136
Habis Makan Jangan Lupa Cuci Tangan di Marlion

 

Selesai hunting foto di Marlion, gue lanjut ke Orchard Road tempat belanja paling happening di Singapura, disini terdapat banyak tempat belanja seperti Lucky Plaza, Ion, Paragon Shopping Centre dan masih banyak lagi tetapi rupanya datang ke Orchard Road hari minggu bukanlah waktu yang tepat seperti dikasih keripik pedas Maicih tetapi saat kamu lagi diare (kebayang kan gak enaknya gimana). Jadi hari minggu Orchard Road ini sungguh ramai, baru sampai stasiun MRT nya saja sudah melihat kerumunan manusia tumplek-blek bak mau nonton konser atau nonton bola gratis. Siapa coba yang bikin Orchard Road rame ampun-ampunan kalau bukan orang Indonesia, bahasa jawa terdengar dimana-mana, ternyata orang Indonesia kaya-kaya ya buktinya shoppingnya aja ke Orchard Singapura hahaha tapi kalau harga BBM dinaikin sedikit dah geger dan ngajakin ribut pemerintah, ini pasti salah Jokowi (oh adek jangan bicara politik nanti di bully).

Setelah dari Orchard Road, gue melanjutkan ke destinasi berikutnya yaitu Little India. Kawasan little India di huni oleh sebagian besar etnis india dan lingkungannya sangat kental dengan hal-hal yang berbau India. Banyak makanan india dan pernak-pernik khas India di jual disini. Tujuan kesini adalah belanja oleh-oleh di Mustafa Center yaitu pusat perbelanjaan lengkap yang menjual segala macam barang. Gedung Mustafa Center ini cukup besar terdiri dari beberapa lantai yang tiap lantainya menjual barang-barang berbeda. Oleh-oleh yang jadi favorit adalah coklat yang harganya bervariasi dari yang murah sampai yang mahal tergantung dompet di kantong atau limit kartu kreditmu. Gue merekomendasikan untuk membeli coklat unik berbentuk batu kerikil warna-warni, selain rasanya enak harganya juga ramah di kantong.

Selesai belanja di Mustafa Center, balik ke hostel untuk ambil ransel dan menuju mall Vivo City untuk naik ferry ke Batam. Sambil menunggu kapal berangkat, habiskan saja uang SGD yang tersisa dengan belanja termasuk sisa saldo yang ada di kartu Ez-Link setelah itu tukarkan kartu untuk mendapatkan uang pengembalian kartu.
Menyeberang ke Batam dibutuhkan waktu 1 jam saja dari Singapura, bisa kita gunakan waktu tersebut untuk tidur karena memang lelah jalan-jalan dan didukung angin yang berhembus sepoi-sepoi membuat mata sangat cepat menjadi 5 watt. Setelah sampai pelabuhan Batam Center naik taxi ke bandara dan kembali menuju kota Palembang tercinta.

IMG_20140504_141927
Kapal Ferry ke Batam

Hayoo mengapa menunda untuk liburan??? Segera packing ransel atau kopermu jangan kebanyakan mikir, nanti uang bisa kita cari lagi yang penting happy…..

Iklan

7 thoughts on “Liburan 3 Hari Di KL dan Singapura Kemana Saja Enaknya?

  1. cumilebay.com 31 Januari 2016 / 12:37 pm

    Kebiasaan gw suka juga nyewa loker di KL sentral trus abis itu jalan2 ampe puas
    Btw dancing water kalo siang kan ada juga yaaa ??? atau hanya malam ??? gw kapan lalu siang sempet tenggok2 tapi kok kurang seru

    Suka

  2. Pink Traveler 2 Februari 2016 / 8:48 am

    malem lebih seru om cum soalnya ada permainan lasernya,
    kalau siang ya gitu-gitu aja goyangnya, bosen hehehe

    Suka

  3. fachri 28 September 2016 / 11:56 am

    Hai, mau tanya dong untuk tiket kereta dari Kl Sentral – Singapore nya berapa ya sekrang? karena saya coba cek via web mereka tidak muncul harganya. tks

    Suka

  4. Pink Traveler 28 September 2016 / 1:29 pm

    sekitar 59 ringgit kak, tidak ada yg langsung ke singapore skrg, stop dulu di Johor Bahru atau Gemas, untuk harganya cek saja di http://www.ktmb.com

    Suka

  5. Serum Pemutih Badan 21 November 2016 / 2:54 pm

    universal studio memang salah satu tempat yang banyak di tuju para travelling..

    Disukai oleh 1 orang

  6. EmakSchool (@sitihairul) 28 Februari 2017 / 4:12 pm

    Tadinya masih mikir mau ke SG Dr KL ternyata gampang. Rencananya mau ke KL terus ke SG terus balik lagi ke KL soalnya pesawat pulangnya lewat KL. Tapi 8 jam di jln dudududu πŸ™‚

    Disukai oleh 1 orang

  7. Pink Traveler 28 Februari 2017 / 4:59 pm

    Wah capek di jalan mak, mending eksplore KL aja banyak kok tempat wisatanya. Makasih sdh mampir

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s