7 Poin Penting Agar Tetap Sehat dan Fit Selama Liburan

IMG_20150611_090350
Kebun Teh di Pagaralam Sumatera Selatan

Seringkali acara liburan menjadi tidak menyenangkan karena gue sakit atau tidak fit di tempat liburan. Kebayang rasanya gak enak banget pas sakit justru lagi jauh dari rumah dan sedang berlibur pula membuat tersiksa dan bete banget apalagi jika liburan bersama rombongan atau teman akan membuat kita merasa tidak enak merepotkan orang lain dan mengganggu itenary yang sudah disusun hingga jadi berubah di sana-sini. Karena gue pernah merasa kurang sehat sewaktu liburan jadi gue akan share pengalaman dan tips agar tetap sehat dan fit selama berlibur. Jadi ini berdasarkan pengalaman pribadi gue yang mungkin bisa digabungkan dengan pengalaman kalian atau informasi dari mbah google yang super pinter. Oke check it out….
1. Kenali tubuhmu sendiri, hal ini penting agar kita bisa bersikap yang tepat terhadap diri sendiri. Contohnya apakah kamu punya alergi makanan, cuaca, debu atau spora tumbuhan sehingga bisa mempersiapkan diri atau menjauhi faktor penyebab alergi sebelum berlibur. Gue memiliki alergi terhadap ciaca dingin sehingga waktu liburan winter di Beijing gue gak memaksakan diri buat ke banyak tempat karena dada gue akan sakit jika terlalu lama berada dalam cuaca dingin, begitu juga saat gue snorkeling di pulau Pahawang Lampung, saat gue merasa capek gue memutuskan istirahat tidak mau memaksakan diri walaupun teman-teman gue yang lain yang fisiknya lebih tahan dan kuat masih snorkeling dan berenang berjam-jam di dalam laut. Penting untuk tidak membandingkan kekuatan dan kesehatan fisikmu dengan orang lain, setiap orang memiliki batas kekuatan dan kesehatan masing-masing jadi jangan pernah memaksakan diri karena akibatnya bisa fatal dan berbahaya. Bukankah masih banyak tempat dan waktu lain untuk berlibur kembali ke tempat yang sama atau ke tempat lain tetapi nyawa kita cuma satu jadi sayangilah!
2. Tidur cukup, nah ini penting biasanya karena saking semangatnya liburan jadi tidurnya kurang, pada awal-awal masih bisa tahan tetapi setelah 3 hari maka tubuh akan menjadi tidak fit atau sakit karena terlalu di paksa di awal waktu liburan. Kalau gue setelah tiba ke tempat liburan gue tidak langsung jalan-jalan melainkan istirahat di hotel untuk memulihkan tenaga atau menyembuhkan jet lag karena penerbangan. Setelah puas tidur dan istirahat baru gue bersemangat pergi kesana-kemari sesuka hati.
3. Tidak banyak makan makanan pedas sebelum pergi dan selama berlibur karena dapat menyebabkan sakit perut dan diare. Alangkah lucunya kalau kita ketinggalan pesawat, bus atau kereta api karena bolak-balik ke toilet. Biasanya saat liburan gue membatasi diri untuk tidak banyak makan makanan pedas, emang gak enak kalo tidak makan banyak sambel apalagi cabe rawit tapi demi kelangsungan jalan-jalan tanpa bolak-balik ke toilet, yah harus bersabar nanti pas pulang ke rumah baru deh dipuas-puasin makan sambel dan segala makanan pedas asal daerah kita.

DSCN0331
Penjual Buah di Pasar Dongsi Beijing
thumb108757
Beli makanan yang ada sayurannya

4. Makan buah dan sayuran, meskipun liburan kita tidak boleh skip makan sayur dan buah jadi kalau beli makanan atau wisata kuliner tetap harus ada menu sayuran atau membeli buah-buahan. Jeruk dan apel adalah buah yang cenderung lebih mudah ditemukan dimana saja, jadi cukupi kebutuhan vitamin, mineral dan serat dari sayur dan buah agar kita tidak sembelit atau susah BAB. Pengalaman gue traveling emang sering susah BAB jika tinggal di tempat baru sehingga gue emang banyak makan buah dan sayur agar bisa mudah BAB.
5. Bawa obat atau kebutuhan kesehatan sendiri karena di tempat kita liburan belum tentu ada yang menjual ataupun mudah mencarinya. Terutama jika kamu memiliki penyakit yang membutuhkan obat khusus dengan merek atau racikan tertentu. Buat gue membawa minyak angin dan tolak angin sachet itu wajib untuk pencegahan dari sakit atau masuk angin. Minyak angin bisa di oleskan di kaki saat pegal dan bisa digunakan untuk kerokan, iya gue masih kerokan kalau masuk angin lebih puaaas kalau sudah di kerok. Sedangkan tolak angin biasa gue minum sebelum tidur biar tidurnya nyenyak dan gak masuk angin kalau pulang malam sehabis jalan-jalan.
6. Jaga kebersihan tubuh terutama area kepriaan dan kewanitaan mu. Liburan menyebabkan kita sering menggunakan toilet umum yang tidak terjamin kebersihannya apalagi jika menggunakan toilet duduk. Bawalah tisu kering dan tisu basah, lap dudukan toilet sebelum digunakan dan setelah dibasuh dengan air organ intim kita di lap dengan tissue agar kering dan celana dalam tidak lembab yang akan mengundang jamur dan bakteri berkembang biak. Pakailah underwear atau baju dalam yang bersih walaupun sedang liburan, ingatlah organ intim adalah aset berharga yang harus dilindungi melebihi kamera DSLR mu. Jangan biarkan tidak berganti pakaian dalam dengan alasan tidak ada yang tahu, meremehkan kebersihan toilet dan pakaian dalam bisa berakibat fatal pada kesehatan reproduksi, berbagai penyakit kelamin bisa menyerang yang tentunya biaya dan waktu pemulihan yang tidak murah dan sebentar. Jika tidak ingin repot mencuci pakaian dalam dan praktis dibawa beli saja celana dalam disposable yang sekali pakai langsung buang terbuat dari kertas, banyak dijual di supermarket seperti Indomaret, Hypermart dan Carrefour. Selalu cuci tangan sebelum makan, mandi dan keramas jika berkeringat. Pengalaman gue waktu liburan musim dingin di Beijing mandi sekali sehari karena tidak berkeringat tetapi gue tetap membersihkan diri seperti cuci muka pake sabun muka, gosok gigi dan membersihkan ketek dan organ intim tetap di lakukan.
7. Berdoa agar diberi kesehatan dan keselamatan selama perjalanan dari pergi sampai pulang, akan lebih sempurna lagi jika bersedekah sebelum pergi berlibur agar Tuhan memudahkan dan melindungi perjalanan kita.
Itulah 7 tips yang gue share ke teman-teman semua berdasarkan pengalaman gue pribadi, mungkin tidak sama dengan temen-temen atau temen-temen semua bisa menambahkan sendiri kalau ada yang kurang, kekurangan milik gue dan ketidaksempurnaan milik bunda Dorce kalau lagi closing acara. Semoga bermanfaat dan adek Pink tunggu komentarnya…..

Iklan

One thought on “7 Poin Penting Agar Tetap Sehat dan Fit Selama Liburan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s