5 Alasan Harus Liburan Ke Palembang

IMG_20160208_152659
Jembatan Ampera, Landmark kota Palembang. Harus Berfoto disini biar sah jika berkunjung ke Palembang

Selama ini Palembang jarang dilirik sebagai salah satu destinasi untuk berlibur padahal Palembang memiliki banyak hal yang bisa dinikmati selain pempeknya yang terkenal enak dan bikin kangen (kayak kamu ya). Nah apa saja yang bisa jadi pertimbangan untuk memantapkan hati memilih Palembang (kayak milih jodoh ya jadinya hehehe) sebagai tempat berlibur untuk kamu dan keluarga. Gue rangkumkan berdasarkan hasil survey jadi-jadian selama jadi warga Palembang.
1. Kulinernya Enak Banget
Siapa yang akan menyangkal kalau makanan Palembang itu enaaak banget, bukannya gue lebay tetapi faktanya emang begitu. Selain rasa yang enak, makanan Palembang juga variasinya banyak contohnya pempek saja bisa lebih dari sepuluh macam jenis dan variannya ada Pempek Panggang, Pempek Lenggang, Pempek Kapal Selam dan masih banyak pempek-pempek lainnya. Itu baru varian pempek belum lagi makanan lainnya seperti berbagai macam pindang (Pindang Tulang, Pindang Udang, Pindang Ikan dan masih banyak lagi jenis pindang lainnya), Martabak Kuah Kari, Nasi Minyak dengan lauk Daging Malbi, Mie Celor, berbagai jenis kue atau cake seperti Delapan Jam, Engkak Ketan, Maksuba dan masih ada puluhan lagi kuliner Palembang yang tidak bisa disebutkan saking banyaknya. Tentu saja yang paling terkenal dari Palembang dan selalu dijadikan oleh-oleh adalah pempek. Pempek dijual dengan harga yang bervariasi tergantung kualitas bahan terutama jenis ikan, rasa dan tempat. Range harga pempek juga bermacam-macam dari yang paling murah sekitar Rp. 1000 – Rp. 5000 perbuah untuk pempek berukuran kecil. Restoran atau rumah makan pempek yang terkenal di Palembang itu diantaranya adalah Pempek Sudi Mampir, Pempek Viko, Pempek Candy, Pempek Nony, Pempek Pak Raden dan Pempek Beringin. Masih banyak tempat makan pempek selain rumah makan yang disebutkan diatas, jumlahnya tak terhitung saking banyaknya bahkan ada lokasi yang berjejer banyak kedai pempek di dalamnya yang akan membuat anda bingung menentukan pilihan, nama lokasi tersebut adalah pasar 26 Ilir dan pempek di Jalan Sekanak yang tak jauh dari kantor Walikota Palembang. Di lokasi ini harga pempek sangat terjangkau mulai dari Rp. 1000 untuk pempek kecil. Selain bisa makan di tempat juga bisa dibungkus sebagai oleh-oleh sepulang dari Palembang.

 

Aneka Kuliner Palembang yang Enaaak Banget

IMG_20160214_180129
Salah satu tempat makan pempek di Palembang
IMG_20160214_142521
Pasar 26 disini kedai makan pempek berjejer dengan harga terjangkau

2. Kaya Wisata Budaya dan Sejarah
Banyak sekali warisan budaya dan bangunan bersejarah di kota Palembang ini karena mendapatkan pengaruh dari Kerajaan Sriwijaya dan Kesultanan Palembang ditambah lagi aktivitas perdagangan dengan orang Arab dan Tiongkok sehingga Palembang kaya akan pencampuran antara tiga budaya yaitu Melayu, Arab dan Tiongkok yang dapat dilihat dari bangunan bersejarah, tampilan fisik penduduk dan kulinernya. Ada beberapa tempat bersejarah yang bisa di kunjungi di Palembang yaitu Masjid Agung Palembang, Situs Bukit Siguntang, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), Museum Balaputra Dewa, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Benteng Kuto Besak dan ikon kota Palembang yaitu Jembatan Ampera. Ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga yaitu Amanzi waterpark, Opi Waterfun, Taman Burung, Hutan Wisata Punti Kayu, Jakabaring Sport Center (datanglah minggu pagi ke sini), Graha Teknologi (wisata edukasi), Danau Opi, Kambang Iwak Park *Car free Day setiap pagi minggu) dan Dekranasda (kumpulan rumah adat semua kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan). Jika ingin berwisata religi dan budaya dapat mengunjungi Pulau Kemaro dimana penduduk keturunan Tiongkok sembahyang karena disana terdapat kuil dan pagoda. Ada juga kampung Arab Al-Munawar 10 Ulu Palembang dimana kita bisa melihat budaya keturunan Arab dan juga rumah-rumah tua berusia ratusan tahun yang masih kokoh berdiri selain itu ada juga masjid Cheng Ho yang arsitekturnya kental akan budaya Tiongkok. Bisa dikatakan kota Palembang ini sangat lengkap tempat wisatanya, jika Thailand punya kota Bangkok maka Indonesia punya Palembang dan gue bangga jadi warga Palembang dan akan mempromosikan Palembang sebagai destinasi wisata di Indonesia selain Bali, Lombok, Yogyakarta dan Bandung.

thumb57575
Bundaran Air Mancur dan Masid Agung adalah Jantung Kota Palembang
IMG_20160214_144300
Monpera (berlokasi di samping Masjid Agung Palembang)
IMG_20160214_135502
Museum SMB II
IMG_20160214_200201
Benteng Kuto Besak di Tepi Sungai Musi
IMG_20160214_163223
Alquran Akbar di Ponpes Insaniah Gandus

Kampung Arab A-Munawar, Masjid Cheng Ho dan Suasana Malam Imlek

3. Banyak Tempat Belanja
Bagi yang hobinya belanja pasti merasa senang berkunjung ke Palembang karena kota ini memiliki banyak tempat belanja yang akan membuat kalap, paling terkenal adalah pasar 16 yang berada di tepi sungai musi, pasar ini berupa gedung 5 lantai yang menjual produk fashion baik itu dijual secara grosir maupun satuan, harganya cukup murah dan terjangkau tetapi untuk membeli barang di pasar ini harus pandai menawar agar mendapatkan harga yang murah. Selain pasar 16 di luar bangunan ada pasar kaki lima yang berada di area yang kondang disebut Lorong Basah oleh warga lokal, tetapi Lorong Basah ini baru ramai setelah jam 12 siang, sementara itu dibawah jembatan Ampera ada pasar barang bekas di sore hari. Songket dan bermacam-macam suvenir banyak di jual di daerah Tangga Buntung tepatnya di jalan Ki Ronggo Wirasantiko, beberapa toko songket yang terkenal adalah Zainal Songkoet, Cek Ipah dan Fikri Collection. Selain di jalan tsb songket dan produk fashion khas Palembang juga bisa ditemukan di pertokoan samping Ramayana depan Palembang Indah Mall (PIM) dengan harga yang lebih murah. Kalau kamu suka cuci mata atau belanja di Mall maka Palembang memiliki sejumlah mall yang bisa memuaskan hasrat cuci mata dan belanja yaitu Palembang Square, PSX, PIM, PTC, Palembang Icon, International Plaza dan Opi Mall ditambah lagi supermarket seperti Lotte Mart, Giant, JM, Pasaraya JM, Megaria, Indotraco, Hypermart, Carrefour dan lain-lain. pilih saja tempat belanja tergantung isi dompet, kebutuhan dan selera anda.

IMG_20160214_140224
Pasar 16 Denyut Nadi Ekonomi Palembang

4. Memiliki Wisata Sungai
Palembang memiliki Sungai Musi yang membagi wilayahnya menjadi dua yaitu Ulu dan Ilir dengan penghubung jembatan Ampera yang menjadi ikon kota Palembang. Di pinggir Sungai Musi terdapat rumah-rumah rakit yaitu rumah yang mengapung diatas sungai. Banyak ketek (perahu kecil) yang berseliweran di sungai karena ketek merupakan alat transportasi yang membantu masyarakat yang tinggal di dekat sungai. Salah satu tempat wisata yang dapat dikunjungi di Palembang yaitu Pulau Kemaro yang unik karena ada daratan yang terdapat di atas sungai sebagai tempat etnis Tionghoa beribadah. Di pulau ini terdapat kelenteng dengan pagodanya beserta kisah cinta yang romantis antara Putri Siti Fatimah yang seorang Putri Palembang dengan Tan Bun An yang seorang jejaka Tiongkok. Bagaimana isi kisah cinta tersebut silahkan datang sendiri ke Pulau Kemaro ya. Untuk menuju Pulau Kemaro bisa menggunakan ketek yang banyak parkir di dekat Pasar 16 dengan biaya sekitar 20 ribu sekali jalan perorang, nikmatilah wisata sungai dan pemandangan di sepanjang Sungai Musi . kota Palembang dengan Sungai Musi tidak beda jauh alias sebelas dua belas dengan kota Bangkok yang memiliki sungai Chao Phraya. Sungai Musi dengan Jembatan Ampera yang gagah akan tampak romantis dan dramatis di malam hari dengan lampu-lampu yang bersinar di jembatan maupun di perumahan pinggir sungai. Jadi berliburlah ke kota Palembang untuk menimati keromantisan Sungai Musi di malam hari.

IMG_20160214_195813
Ketek Menjadi Transportasi di Sungai Musi

5. Masyarakatnya Terbuka, Ramah dan Senang Membantu
Jika berwisata ke Palembang dan menemukan kesulitan di jalan atau tersesat tidak usah sungkan untuk meminta bantuan kepada penduduk lokal dengan cara yang sopan. Orang Palembang tidak sungkan untuk membantu orang lain. Masyarakat disini ramah dan terbuka kepada wisatawan dan terbiasa untuk menyambut atau memuliakan tamunya. Kasus pencopetan dan penodongan berlaku umum di semua tempat jika kita tidak pandai membawa diri dan waspada dimanapun berada misalnya tidak menggunakan perhiasan berlebihan atau membawa uang tunai terlalu banyak.

Nah buat traveler dan teman-teman di Indonesia masukkanlah Palembang sebagai salah satu destinasi liburan, Palembang memiliki keunikan sendiri yang bisa di eksplore jika datang langsung kesini.

9 thoughts on “5 Alasan Harus Liburan Ke Palembang

  1. Huang 23 Februari 2016 / 11:38 am

    Pertamaxxx

    Asek nih plesiran Palembang. Kalo aku yang belum dimasukin itu Benteng haha..

    Suka

  2. Pink Traveler 24 Februari 2016 / 9:52 am

    samo koh aku jugo belum pernah masuk ke Benteng katanya gak boleh ya ada tentara yang jago di gerbang

    Suka

  3. inggit_e 29 Februari 2016 / 2:12 pm

    Palembang lengkap, semua ada ya.:) Pengen sekali besok lihat GMT di jembatan Ampera.

    Suka

  4. Pink Traveler 29 Februari 2016 / 3:37 pm

    silahkan datang ke Palembang, pas GMT banyak acara di Palembang ada Glow Night Running dan nonton bareng GMT dari jembatan Ampera

    Suka

  5. cumilebay.com 23 Maret 2016 / 11:05 am

    Gw keliling mall nya aja, sambil makan pindang musi rawas

    Suka

  6. Pink Traveler 24 Maret 2016 / 5:23 pm

    palembang kan mirip melaka sehari kelar, cuma tempat makan aja yang gak kelar

    Suka

  7. fajrinherris 18 November 2016 / 10:27 am

    Pernah 2x mampir dwarung makan di depan mall palembang yg selalu ramai pengunjung. Lupa nama warung nya. Emang kuliner ny palembang jos mbak.. πŸ˜€

    Disukai oleh 1 orang

  8. Pink Traveler 18 November 2016 / 11:12 am

    Selain makanannya enak, cewek2 Palembang jg cantik2 klo ketemu yg cantik hehehe

    Suka

  9. Serum Pemutih Badan 21 November 2016 / 2:36 pm

    wow ternyata di palembang ada tempat sekeren itu ya, thanks informasinya..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s