Toilet Umum Di Beijing, Sumpah Bakal Bikin Muntah

DSCN0572
Toilet umum yang ada di pinggir jalan dekat dengan pemukiman penduduk

Gue gak tanggung jawab kalau abis baca cerita ini elo hilang nafsu makan atau pikir-pikir panjang buat jalan-jalan ke China, makanya gue peringatkan segera lambaikan tangan bila gak kuat #ujinyali.

Traveling dimusim dingin sungguh menyiksa terutama untuk orang yang sering pipis kayak gue, bukan karena gue ada penyakit beser sih tapi gue memang sering minum air putih dan musim dingin akan menyebabkan kita lebih sering pipis karena pengeluaran air lewat keringat sedikit.

Diperjalanan menuju hostel gue kebelet pipis banget, akhirnya gue masuk ke toilet umum pinggir jalan di pemukiman penduduk, baru saja membuka pintu gue langsung melihat pemandangan jijay bajai….hoek…hoek gue pengen muntah saat itu dan gue bersumpah gak bakalan masuk ke toilet umum di pinggir jalan dan nunggu kondisi darurat saja baru akan memakai toilet umum di tempat wisata selama traveling di Beijing.

DSCN0571
Penampakan toilet umum, bukalah tirai itu dan masuk kedalam, lo bakal melihat pemandangan yang bikin mual dan muntah

Toilet umum pinggir jalan yang untuk cewek (kalau cowok gue gak tau ya) itu terdiri dari bilik-bilik kecil yang tidak berpintu dan berdinding rendah hanya sebatas lutut jadi pas gue buka pintu toilet gue dapat melihat secara jelas ibu-ibu berjejer duduk di bilik sambil membuka celana, OMG semua anggota tubuh bagian bawah kelihatan dan bau kotoran semerbak menguar ke penjuru ruangan toilet, seketika perut gue mual dan mau muntah sehingga gue buru-buru keluar ambil langkah seribu, rasa kebelet langsung mendadak hilang berganti rasa pening karena shock melihat pemandangan barusan.

DSCN0564
Toilet Umum Cewek

Gue mempercepat langkah menuju hostel, sampai di hostel gue segera menumpahkan hajat gue, ternyata toilet di hostel tidak memiliki alat penyiraman buat cebok jadi hanya dibersihkan pake tissu, sebagai orang Indonesia yang baru merasa bersih kalau cebok disiram pake air, ya gue gak kehilangan akal dong, untung masih ada air mineral dalam botol sehingga gue cebok pake air mineral #orangkaya. Untuk selanjutnya gue selalu membawa botol air mineral untuk diisi air dari westafel sebelum masuk ke dalam bilik toilet meskipun airnya sedingin es.

Beberapa toilet umum yang pernah gue coba selama di Beijing (terpaksa karena sangat kebelet) gue tuliskan. Asal tahu saja semua toilet umum di Beijing adalah toilet jongkok, berbau pesing yang khas dan tidak menyediakan penyiraman untuk cebok, kadang ada tissu kadang gak ada  jadi bawalah sendiri tissu basah dan tissu kering. Kalau sedang apes elo bakal ketemu ranjau kuning di kloset hahaha.

Toilet Bandara

Waktu gue kesini kondisi tidak bersih dan bau, mungkin karena gue sampai dini hari sehingga toilet belum dibersihkan jadi gue masih berprasangka baik. Pas gue pulang menuju Kuala Lumpur di toilet bagian gate keberangkatan agak lumayan masih bersih jadi masih bisa dibilang layak pakai.

Badaling Great Wall

Toilet yang gue pakai pas sampai ke Badaling Great Wall berlokasi dekat parkiran mobil, sangat ramai yang mau ke toilet sehingga antrian panjang dan lama. Kondisi toilet sangat bau, entah kenapa di bilik gue apes ada kotoran yang tidak disiram, hoek…hoek…tapi gue kuakan mental karena kondisi benar-benar kebelet pipis.

Saran gue berjalanlah beberapa ratus meter lagi menuju gerbang Badaling Great Wall nanti akan ketemu toilet lagi, toilet yang ini lumayan mendingan kebersihannya walaupun masih berbau pesing juga. Gue memakai toilet ini pas pulang dari Great Wall.

Wangfujing Street

Gue menggunakan toilet di Mall Wangfujing, mall ini sepi pengunjung sehingga toiletnya lumayan bersih dan baunya tidak begitu tercium sehingga aman, apabila tidak sempat ke mall, pergilah ke kedai KFC di sini kita bisa menggunakan toiletnya.

Beihai Park

Gue menggunakan toilet di dekat kuil putih yang terletak di atas ketinggian sehingga tidak terlalu banyak orang, kondisi toiletnya bersih meskipun tetap sedikit bau pesing.

DSCN0867
Petunjuk lokasi toilet di tempat wisata

Peking university

Gue penasaran dengan kondisi toilet di kampus terkenal ini, toiletnya cukup bersih tetapi tetap saja bau pesing

Summer palace

Toilet bersih tetapi bau pesing

798 Art Zone

Bentuk toilet di tempat ini sangat unik, seperti lorong sebuah pipa, kondisi bersih tetapi bau pesing masih tercium.

DSCN0965
Toilet Unik di 798 Art Zone
DSCN0949
bagaaikan masuk ke lorong waktu
DSCN0967
Toilet Cowok di 798 Art Zone

 

DSCN0946
Petunjuk toilet cewek
DSCN0945
Petunjuk toilet cewek
DSCN0947
Toilet = WC = Restroom

Masjid Niu Jie

Satu-satunya toilet yang memiliki selang penyiraman dan kondisi toilet bersih meskipun sedikit bau yang masih wajar karena digunakan oleh banyak jemaah masjid (kebetulan datang hari Jumat).

Karena gue termasuk pemilih dalam urusan buang hajat sehingga hanya di saat-saat genting saja gue memakai toilet umum itupun sudah memilih tempat yang terbaik. Kebanyakan gue menggunakan toilet di hostel lalu gue mengurangi minum dan makan pedas selama perjalanan di tempat wisata agar tidak pipis atau BAB kecuali di hostel.

Saran dari gue pakailah masker jika memang tidak tahan terhadap bau pesing toilet di Beijing dan sediakan minyak angin kalau saja berasa ingin muntah atau pusing setelah keluar dari toilet.

Sebagai perbandingan gue juga menuliskan kondisi toilet di Hongkong dan Makau, ke dua tempat tersebut masih masuk negara China atau Tiongkok meskipun mendapatkan hak khusus dalam mengatur pemerintahannya

Hongkong

Kondisi toilet di Hongkong bersih dan tidak berbau hanya saja tidak menyediakan air siraman jadi membersihkannya menggunakan tissu, tetap sediakan botol plastik yang diisi air dari westafel jika ingin cebok pakai air.

Makau

Toilet yang gue pernah gunakan di Makau yaitu toilet di Venetian Resort yang bangunan toiletnya cukup luas dengan interior bergaya Eropa terutama kental nuansa Italia namun kebersihan toiletnya tidak terjaga baik dan berbau pesing, sangat disayangkan untuk sekelas resort.

IMG_20150627_191537
Toilet di Venetian Resort (bagus tapi sayang tetap bau pesing)

Selain itu gue juga memakai toilet di bandara Makau, kondisi toilet sangat bersih, keunikan toilet di bandara ini, kloset akan menyiram otomatis ketika kita menutup pintu toilet saat hendak keluar bilik. Ini adalah solusi bagi kebiasaan buruk masyarakat China daratan yang malas atau tidak terbiasa menyiram setelah buang hajat. Solusi yang cerdas!

China adalah negara yang indah dan kaya sejarah, sayang sekali kalau kita enggan traveling ke China karena takut dan jijik dengan kondisi toiletnya. Jadikan pengalaman tersebut sebagai sarana belajar beradaptasi dengan kondisi yang tidak selalu nyaman buat kita.

Salam Pink Traveler!

 

 

Iklan

31 thoughts on “Toilet Umum Di Beijing, Sumpah Bakal Bikin Muntah

  1. omnduut 25 Mei 2016 / 4:47 pm

    Waktu ke India juga dibilang negaranya jorok, tapi karena udah kadung pengen tetep aja ke sana. Kalau China… lebih ke ngeri ke bahasa aja. Tetap maulah ke sana kapan-kapan.

    Suka

  2. Pink Traveler 25 Mei 2016 / 4:54 pm

    aku juga tetap mau ke China kok meski toiletnya jorok kan udah tahu pengalamannya jadi udah bisa antisipasi om, wah aku dari dulu jatuh cinta sama India cuma belum berani kalo solo gak peduli sih soal toiletnya asal sudah mempersiapkan mental

    Suka

  3. ekahei 25 Mei 2016 / 5:22 pm

    Sama… di shenzen toiletnya juga bikin mual. Sampai temanku bilang :”mending toilet pertamina di negara kita… ”
    hehehe

    Suka

  4. nyonyasepatu 25 Mei 2016 / 5:38 pm

    agak2 horor ya jadinya mau masuk ketoilet takut dapat sesuatu

    Suka

  5. sanny 25 Mei 2016 / 9:59 pm

    Hai teman2, salam kenal.. Memang hampir di semua toilet umum di negeri Tingkok berbau pesing.. Mungkin karena closet jongkok, tidak ada/kurang staff yang membersihkan.. 🙂 Saya ada pengalaman yang tak terlupakan (toilet terjorok yang pernah dikunjungi) saat di Guilin mau ke goa staglatit staglamit… Dengan menaiki kereta seperti cable car.. Sebelum naik kereta tersebut… Saya mampir ke toilet.. Tetapi ternyata toiletnya sungguh mengerikan “bau”nya.. Sampai2 teman saya muntah2 sebelum masuk dan akhirnya membatalkan ke toilet.. Dan karena saya tidak tahan pipis, saya pun nekat masuk dengan berbekal minyak kayu putih yang sudah dilumuri di sekitar hidung dan menggunakan masker (menggunakan pasminah).. Akhirnya lolos juga.. 😉

    Suka

  6. imutgirl 26 Mei 2016 / 8:00 am

    Kirain Beijing stlh Olimpiade, toiletnya udh mendingan. Ga taunya msh parah jg yah.. Tp sdikit lebih bagus penampilannya..

    Dulu pas skul di Beijing setaon, kalo mw nyari toilet, tmnku blg tinggal ikutin aja baunya, ga usah nanya org laen.. Jd dy ngendus2 gitu deh.. Sampe akhire nemu tuh toilet di mall kecil.. Нεнε ¨☺¨ нεнε ¨☺¨ нεнε

    Trus pas masuk ke toilet mall, begitu buka pintu, semua mata memandang.. Krn ternyata toiletnya ga pake bilik kecil, cmn ada jamban jongkok berjejer & ibu2 lg pd jongkok (spt cerita u diatas).. Walopun sama2 sipit, tp tetep beda, makanya mrk ngeliatin gw kyk org aneh githu.. Нεнε ¨☺¨ нεнε ¨☺¨ нεнε

    Pernah jg perjalanan ke Jiu Zhai Gou, toiletnya semacam parit got panjang n byk ranjau. Ternyata yg nyiram tuh hrs yg plg ujung, krn tarikan airnya disitu. Jd kalo ga ada yg narik, yah byk ranjau yg nangkring nunggu disiram deh..

    Pernah jg perjalanan iseng jalan2 skitar Beijing, udh kebelet. Nemu toilet di gubuk gitu, ternyata pas masuk, itu cmn tanah yg digali. Jd ga ada air sama skali & byk numpuk ranjau plus sampah2 lainnya..

    Suka

  7. Pink Traveler 26 Mei 2016 / 1:04 pm

    wah kak noni makasih ya udah mampir, saya seneng banget. iya kak noni harus siap mental pilih toilet yang antriannya sedikit dan bawa masker untuk jaga2, umumnya toilet di tempat wisata masih termasuk layak pakai terutama kalo lagi kebelet, cuma toilet umum pinggir jalan yang gak layak pakai gak ada pintu dan biliknya pendek jadi kelihatan semua privacy

    Suka

  8. Pink Traveler 26 Mei 2016 / 1:07 pm

    namanya traveler harus siap dengan tantangan ya mas salah satunya kondisi toilet tapi jangan sampe menghalangi traveling kan

    Suka

  9. Pink Traveler 26 Mei 2016 / 1:11 pm

    salam kenal juga sanny, iya bener kalo ketemu yang parah emang harus ditutupi hidung dan pake minyak angin, itu salah satu pengalaman yg gak enak sih tp trip kita harus tetap jalan kan gak boleh kalah sama toilet

    Suka

  10. Pink Traveler 26 Mei 2016 / 1:14 pm

    salam kenal imutgril, makasih sudah mampir, iya emang seperti itu kondisi toilet di beijing tp masih ada yang agak mendingan kondisinya pas di tempat wisata yang tidak ramai pengunjung yang penting persiapan masker, tisu dan botol air

    Suka

  11. KetimpringanDotCom 26 Mei 2016 / 3:05 pm

    Wah ini ceritanya wisata toilet umum ya….
    Iya aku juga mendengar sayup-sayup tentang joroknya toilet di China, eh ternyata benar ya…

    Suka

  12. Pink Traveler 26 Mei 2016 / 3:18 pm

    iya mas anti mainstream, biar pada kuat mental klo namanya trip pasti menemukan sesuatu yg
    diluar ekspektasi yg kita bayangkan. kalo di tempat wisata yang gak begitu rame masih mendingan mas, kalo yang rame macam great wall yah gitu deh tapi kan gak boleh nyerah

    Suka

  13. Molly 26 Mei 2016 / 10:48 pm

    Toilet di China emang parah… huhuhu :(. Tempo hari pas ke Beijing sampe milih2 toilet dulu. Di Mutianyu Great Wall relatif bersih. Kalo di tempat wisata lain mah kacau ! Tapi aku justru nemu toilet terjoroknya di salah satu resto muslim di Terracotta Museum di kota Xi’an. Ada seonggok “rainbow cake” tepat di mulut kakus jongkoknya. Aarrrgghh…

    Suka

  14. ekahei 27 Mei 2016 / 8:03 am

    ‘Mas?!’
    Aku belum berminat ganti hijab ke peci mbak pink.. *benahi jilbab*

    Suka

  15. Pink Traveler 28 Mei 2016 / 11:46 am

    maaf mbak eka keselipet jarinya hahaha

    Suka

  16. Pink Traveler 28 Mei 2016 / 11:49 am

    tapi jangan kapok ya buat menjelajah china soalnya negaranya luas dan indah

    Suka

  17. Pink Traveler 28 Mei 2016 / 11:51 am

    makasih kak udah mampir, iya hororr yang penting persiapan masker, botol air dan tisu. China indah negaranya sayang kalau gak kesana cuma karena toilet

    Suka

  18. Molly 28 Mei 2016 / 11:56 am

    Ga kapok siy, malah penasaran.. hihihi :))

    Suka

  19. cumilebay.com 30 Mei 2016 / 9:51 am

    Jadi kita ,ilih toilet mesjid aj ayaaaa

    Suka

  20. @eviindrawanto 1 Juni 2016 / 10:27 am

    Ha-ha-ha di China toiletnya memang ampun-ampunan. Perut dan daya penciuman harus kuat 😉

    Suka

  21. Pink Traveler 1 Juni 2016 / 2:46 pm

    aku turun berat badan mbak disini karena makan sedikit dan banyak jalan kaki, pokonya klo mau langsing cepet jalan2 saja ke tempat yang gak halal makanannya dan gak ada sambel nendang

    Suka

  22. gegekrisopras 13 Juli 2016 / 2:41 pm

    Aku nih sampe skrg maju-mundur kalo mau ke China mbak, ya karena orangnya jorok2 itu termasuk toiletnya 😦 huhuhu baca cerita mbak aja udah eneg ya aplg ngalamin sendiri LOL

    Suka

  23. Pink Traveler 21 Juli 2016 / 4:18 pm

    maju aja dulu juga begitu maju mundur ke China daratan tapi dipaksain pake masker, bawa tisu basah dan botol akua untuk siram, China cakep lho tempatnya cuma jgn sekarang ya soalnya lagi banjir

    Suka

  24. niee 9 Agustus 2016 / 1:58 pm

    Terkenal banget ya di china itu toiletnya jorok.

    Suka

  25. Pink Traveler 9 Agustus 2016 / 2:19 pm

    iya kalo ke china daratan harus siap2 dengan kondisi toiletnya yg jorok anggap aja uji nyali hehehe, btw China daratan tuh cantik sekali alamnya sayang kalo gak mau kesana gara2 toiletnya kan

    Suka

  26. niee 9 Agustus 2016 / 2:25 pm

    Kalau aku mikirnya karena jauh dan mahalnya aja seh. Hahahahahahaha.

    Pengen ke korea dan jepang dulu deh baru ke china darata 😆

    Suka

  27. Pink Traveler 9 Agustus 2016 / 2:29 pm

    di China daratan apa2 murah kak, jepang dan korea memang tempat idaman ya kak, semoga pink bisa kesana

    Suka

  28. Pemutih Wajah Terbaik 19 Oktober 2016 / 3:11 pm

    orang disana jorok-jorok ya, seharusnya sediakan air agar toilet layak untuk di pakai ..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s