Beranda · Destinasi

Meriahnya Festival Sriwijaya Ke XXV Di Palembang

13709929_920904741353050_2723386279313561229_n
Salah satu pertunjukan seni tari daerah Sumatera Selatan di Festival Sriwijaya ( foto kredit : @pesonasriwijaya)

Mendengar kabar adanya Festival Sriwijaya ke XXV di Benteng Kuto Besak dari tanggal 18-24 Juli 2016, saya merasa excited untuk datang dan mengikuti rangkaian acaranya yang sangat menarik terutama untuk mengangkat sejarah dan kebudayaan Sriwijaya di Palembang, kerajaan maritim ternama di nusantara.

Acara Festival Sriwijaya tahun ini dat sangat meriah dimulai dari adanya pawai budaya di kawasan Kambang Iwak di sore hari, pawai budaya ini diikuti oleh kabupaten dan kota di wilayah propinsi Sumatera Selatan dan juga dari daerah lain seperti Lampung dan Sumatera Utara.

DSCN5232
Pawai budaya dengan kostum yang meriah
DSCN5228
salah satu kostum yang cetar membahana

Saya sangat menyukai pawai budaya ini karena peserta menampilkan kostum-kostum tradisional dan juga kostum panggung yang meriah dan semarak, begitu juga turis dan penonton banyak yang menjepretkan kameranya berkali-kali ke peserta pawai. Saya juga mengambil banyak sekali foto sehingga baterai kamera habis (pesan moral untuk saya dan juga blogger agar mempersiapkan baterai cadangan jika meliput acara penting) sehingga untuk acara pembukaan nanti saya tak bisa mengambil foto lewat kamera hanya lewat HP saja, sayang sekali ya yang akibatnya untuk keperluan menulis blog ini beberapa foto diambil dari akun @pesonasriwijaya.

Malam harinya saya berkesempatan menonton pembukaan acara Festival Sriwijaya di Benteng Kuto Besak, acara pembukaan sangat menghibur penonton karena 4 MC yang memandu acara adalah Yai Najib and friends yang dikenal warga Palembang sebagai pelawak acara ‘Kelakar Betok’, selama acara berlangsung 4 MC tersebut berhasil mengocok perut penonton dengan joke atau kelakar khas Palembang.

Acara di buka dengan tari sambut yaitu Tari Gending Sriwijaya yang bertujuan sebagai bentuk penghormatan kepada para tamu yang datang di acara ini dilanjutkan dengan penampilan tari kreasi modern dan drama musikal yang menggambarkan asal mula berdirinya kerajaan Sriwijaya di Palembang. Acara puncak malam ini yaitu dibukanya Festival Sriwijaya secara resmi oleh Gubernur Alex Nurdin.

13700071_919525234824334_4799845629943514585_n
Gubernur Alex Nurdin memberi sambutan dan membuka secara resmi acara Festival Sriwijaya ke XXV di Palembang (pic credit: @pesonasriwijaya)
13707732_919525248157666_1436851959650271331_n
Penampilan tari kreasi (pic credit: @pesonasriwijaya)

Acara pembukaan Festival Sriwijaya ditutup dengan manis oleh penampilan artis dari Amerika yaitu Keith Martin yang membius penontonΒ  dengan lagu romantisnya ‘Because f You’ yang membuat semua penonton ikut bernyanyi. Ternyata tak cuma ‘Because of You’ saja yang menghibur penonton, pak Alex Nurdin menyumbangkan suaranya dengan berduet bersama Keith Martin menyanyikan lagu ‘What a Wonderful World’.

13697034_919525311490993_306717942696463235_n
Penampilan yang manis dari Keith Martin menyanyikan lagu ‘Because of You’ (pic credit: @pesonasriwijaya)

Acara pembukan Festival Sriwijaya ke XXV ini sungguh meriah dan memukau penonton, kemegahan tampak dari panggung, lighting, penampilan seni tari dan drama musikal juga closing yang manis dari Keith Martin jadi penasaran selama 7 hari ke depan apa saja rangkaian acara di Festival Sriwijaya. Ternyata acara-acara selama festival berlangsung sungguh menarik beberapa diantaranya adalah festival kuliner yang memperkenalkan kuliner lokal Palembang (semua pasti suka jajan dan makan-makan), panggung seni dan pertunjukan tradisional dari daerah-daerah di Sumatera Selatan, karya komunitas kreatif anak muda di Palembang, serta kelas akademi berbagi Palembang selama 4 hari dengan topik yang sangat menarik yaitu traveling, story and writing yang diisi oleh Terry dari NegeriID, photography dan videography oleh Danny Tumbelaka dan Sutiknyo, sejarah Sriwijaya oleh JJ. Rizal dan Social Media Untuk Pariwisata oleh Dennis Adhiswara.

Sebagai anak muda saya sungguh bangga dan mengapresiasi usaha Dinas Pariwisata Sumatera Selatan untuk memperkenalkan kekayaan pariwisata dan budaya di Sumatera Selatan melalui berbagai event yang sering diselenggarakan salah satunya melalui festival budaya. Rangkaian acaranya dapat dinikmati oleh berbagai usia mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Setiap malam ditampilkan acara pertunjukan seni budaya seperti tari-tarian tradisional, drama dan nyanyian lagu daerah dari kabupaten dan kota di propinsi Sumatera Selatan. Tidak mengherankan jika penonton membludak untuk menyaksikan pertunjukan seni yang meriah ini.

13709871_920905074686350_4636276586484025459_n
Tari-tarian yang ditampilkan di hari kedua Festival Sriwijaya, seru ya tariannya. (pic credit: @pesonasriwijaya)
13754342_920904624686395_5062239382947267160_n
Membludaknya penonton acara pertunjukan seni tradisional (pic credit: @pesonasriwijaya)
DSCN1356
Jembatan Ampera yang menawan di malam hari menambah kemeriahan Festival Sriwijaya, turis banyak menjadikan jembatan Ampera sebagai background favorit untuk difoto

Lantas bagaimana antusiasme masyarakat di siang hari untuk menghadiri Festival Sriwijaya ini?, ternyata pagi-pagi sudah banyak yang datang untuk melihat festival. Di pagi hari panitia masih melakukan persiapan namun sudah banyak pengunjung yang datang ke Benteng Kuto Besak dan menunggu festival dimulai terutama festival kuliner.

DSCN5268
Tampak peserta dari kota Prabumulih sudah datang ke festival pagi-pagi (foto diambil jam 9 pagi)
DSCN5267
Sudah banyak yang datang di pagi hari
DSCN5266
Pagi-pagi panitia sudah melakukan persiapan panggung pertunjukan seni

Selain berbagai acara seru selama Festival Sriwijaya berlangsung ada beberapa hal unik dan menarik di venue festival yaitu di Benteng Kuto besak yang berhasil saya amati dan wajib di foto buat pamer dan bikin iri yang belum datang ke festival hehehe.

DSCN5274
spot untuk bermain ular tangga, lucu ya
DSCN5283
Anak-anak sekolah antusias datang ke festival, pagi-pagi sudah asyik foto-foto saja di sini
DSCN5273
salah satu tempat foto favorit pengunjung
DSCN5272
bisa jadi tempat duduk sambil makan jajanan kuliner di Festival Kuliner
DSCN5279
Bisa melihat jembatan Ampera dan aktivitas di sungai Musi
DSCN5276
Jajan dan makan-makan di festival kuliner
DSCN5269
Banyak sekali tenda-tenda makanan di festival kuliner, pengunjung silahkan memilih makanan yang ingin di coba

Untuk menikmati festival kuliner, tenda-tenda makanan akan buka dan menjual makanannya di siang hari jadi saat pagi hari festival kuliner belum dimulai, saran saya karena Palembang cuacanya panas maka paling baik untuk datang ke festival kuliner di sore hari atau malam hari karena disamping lebih adam kita dapat bonus pemandangan sunset yang indah dari tepi sungai Musi dan juga lampu-lampu berkilauan di malam hari menambah suasana romantis.

Biar tidak ‘baper’ (bawa perasaan) di Festival Sriwijaya datanglah beramai-ramai dengan teman-teman, keluarga atau pacar dijamin lebih seru dan heboh. Kalau jomblo gimana??? masa gak datang sih kan pengen, ya udah datang saja kan ada kelas akademi berbagi nah di sana kamu bakal banyak kenal teman baru dan belajar hal yang seru-seru sama ahlinya jadi gak ada cerita baper-baperan gak jelas.

Yuk datang dan pecahkan Festival Sriwijaya!

Iklan

8 tanggapan untuk “Meriahnya Festival Sriwijaya Ke XXV Di Palembang

  1. iya kak tinggi banget, ngeri lihatnya dan yang ikut pawai dengan kostum berat emang harus cowok kayaknya karena butuh tenaga ekstra jadi wajarlah yang ikut pawai kostum/fashion itu kebanyakan cowok

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s