kuliner

Tempat Makan Halal Di Ho Chi Minh City

 

DSCN4344
Salah satu resto halal di HCMC

Awalnya gue kesulitan untuk mendapatkan makanan halal di HCMC tetapi karena gue suka blusukan akhirnya gue menemukan tempat dimana makanan halal dijual. Tempat makan makanan halal ini tersebar di beberapa titik, untuk memudahkan pencariannya gue bagi menjadi 3 kawasan.

DSCN3553
Benh Than Market HCMC

Pertama: Kawasan Benh Than Market

Paling banyak tempat makan halal tentu saja ada di sekitar kawasan Benh Than Market. Ada satu jalan di samping Ben Than Market yang di dalamnya terdapat banyak restoran halal dan toko pakaian muslim.

DSCN3554
Jalan Nguyen An Ninh samping Benh Than Market banyak resto halal di sini

Restoran halal dan toko busana muslim yang ada di jalan ini dimiliki oleh orang Malaysia sehingga makanan yang dijual didominasi oleh makanan Malaysia. Pada saat gue trip di bulan puasa restoran-restoran halal ini kebanyakan tutup, mungkin pemiliknya mudik ke Malaysia.

thumb208378
salah satu restoran halal di jalan Nguyen An Ninh
thumb208380
Salima Resto yang tutup di bulan puasa

Hanya ada 2 restoran yang buka yaitu Halalamin dan Kedai Melayu, kedua restoran ini menyajikan makanan melayu Malaysia namun di Halalamin masih menyajikan makanan Vietnam seperti Pho daging sapi dan ayam sementara kedai Melayu semua menunya citarasa Malaysia.

DSCN3976
Resto Halalamin tak pernah sepi

Dari sisi harga dan rasa Halalamin juaranya dengan harga makanan lebih murah tetapi rasa mantap sementara kedai Melayu harga makanannya mahal tetapi rasa biasa saja.

DSCN3974
Pho sapi yang endess di Halalamin
DSCN3975
Nasi goreng seafood di Halalamin

Dibelakang pasar Benh Than Market ada satu restoran halal namanya D’Daun kalau rasa gue tidak tahu karena tidak mencoba tetapi harganya lumayan mahal kalau Pho di Halalamin 50 ribu VND maka di D’daun seharga 90 ribu VND.

DSCN4328
Central Mosque di Dongdu Street HCMC

Kedua: Kawasan Masjid Central HCMC

Di sini ada 3 restoran halal yang gue lihat yaitu D’Nyonya, Restoran Turki dan Saigon Halal. Pada saat kesana restoran Saigon Halal tutup mungkin pemiliknya juga mudik.

DSCN4343
resto Saigon Halal di jalan Dongdu depan masjid Central Saigon

Restoran halal yang gue coba adalah D’Nyonya yang menyajikan makanan Vietnam dan Melayu Malaysia tetapi menu utamanya adalah makanan Malaysia.

DSCN4346
Resto halal D’Nyonya

Sedang liburan di Vietnam gak maulah pesan makanan Malaysia jadi gue pesan Pho sapi dan Vietnam Spring Roll. Kedua makanan yang gue pesan rasanya endess dan porsinya besar sepadan dengan harganya yang mahal. Pho sapi harganya 120 ribu VND dan Vietnam Spring Roll harganya 90 ribu VND, harga makanan di D’Nyonya mulai dari 80 ribu VND.

DSCN4367
Pho Sapi halal dan enak banget ditambah lalapan daun basil dan cabe rawit
DSCN4371
Vietnam Spring Roll D’Nyonya ini endess banget

Sementara di restoran Turki gue tidak datang ke sana, disamping faktor harga juga kurang dapat feel Vietnamnya jika makan makanan Turki di Vietnam, maunya suatu hari nanti makan makanan Turki di negara aslinya pasti lebih otentik.

Bagaimana gue tahu harga makanan direstoran padahal tidak makan di sana karena di depan setiap restoran di berikan standing table yang memuat menu makanan dan harga jadi sebelum masuk restoran kita sudah tahu harga menu yang kita inginkan jadi pengunjung tidak merasa di bohongi terlebih lagi untuk turis sehingga menghindari scam makan di restoran dan lebih fair bukan?

Kebanyakan makanan halal dijual di restoran, jarang sekali makanan halal dijual di kaki lima, yang pernah gue lihat sih penjual kopi keliling menggunakan sepeda yang memasang logo halal di box kopi jualannya dan mereka menerima pembayaran ringgit jadi harga kopi sepeda tersebut 3 ringgit (ini terjadi karena sebagian besar turis muslim berasal dari Malaysia).

DSCN3979
Penjual kopi halal pake sepeda seharga 3 RM

Sekedar tambahan gue pernah lihat foto di twitter ada traveler yang menemukan street food berlogo halal di district 1 HCMC tapi gue tidak tahu lokasi persisnya.

DSCN4262
Masjid Al-Rahim yang dekat Benh Than Market

Ketiga : Di kawasan Masjid Al-Rahim (masjid Malaysia-Indonesia)

Masjid ini lokasinya terselip di sebuah jalan di dekat toko-toko yang menjual barang antik dekat dengan Fine Art Museum dan Vietin Bank. Kalau dari Benh Than Market harus menyeberang jalan menuju Vietin Bank,  di sini ada warung sederhana yang menjual nasi dan lauk halal tetapi saat bulan puasa warung ini tutup.

DSCN4263
Alamat masjid Al-Rahim
DSCN4259
Dari Benh Than market seberangi jalan ini dekat Vietin Bank menuju masjid Al-Rahim
DSCN4260
Ada beberapa warung nasi halal di jalan menuju masjid Al-Rahim

Selain ketiga tempat tadi gue juga mencoba makan Vietnam Spring roll di restoran vegan (tidak mengandung produk hewani) di samping Benh Than market, membeli roti baguette di toko bakery yang gue cocol rotinya ke sereal biar lembut karena roti baguette ini teksturnya keras sekali dan mencoba es krim kelapa di Kem Bach Dang (restoran khusus es krim).

thumb208368
Mencoba roti baguette di toko roti dekat hostel
thumb208387
Buah-buahan di pasar tradisional adalah alternatif makanan halal dan sehat pastinya

Selalu tidak pernah luput dari Pink Traveler adalah makan buah-buahan lokal yang segar dari pasar tradisional selain untuk menjaga kesehatan juga pasti halal dan lebih murah dikantong.

Tips hemat dari Pink bawa lauk kering, sambal dan mie instan dari Indonesia saat ke Vietnam nanti kita membeli nasi putih saja di warung nasi, banyak sekali warung nasi di seantero HCMC ini, tekstur nasinya pulen dan rasanya enak.

Semoga tulisan gue ini bermanfaat untuk teman-teman muslim yang ingin berlibur ke HCMC. Enjoy your trip!

Iklan

37 tanggapan untuk “Tempat Makan Halal Di Ho Chi Minh City

  1. iya di HCMC ini belanjanya gak seheboh di bangkok apalagi untuk turis harganya suka dimahalin, aku belanja di night market kaki lima Benh Than itupun cuma beli sepatu adidas dan deuter murah soalnya, kalau suvenir beli di kantor pos saigon harga pas gak repot tawar menawar

    Disukai oleh 1 orang

  2. nana gak nemuin banyak tempat belanja di HCMC kak, belanja cuma di benh than night market trus ke supermarket dekat city hall, ada sih pasar tradisional yang besar cuma tidak di pusat kota harus naik taksi karena benh than market ini harganya turis banget kata orang lokal

    Suka

  3. di foto pertama malah fokus lihat kabel-kabelnyaa… kayak dimari aja…betewe, emang enak makan di tempat yang udah ada harganya ya… ga tajut dikemplang, harusnya di semua tempat wisata di Indonesia kayak gitu… dijamin makin laris deh…

    Disukai oleh 2 orang

  4. iya kabel-kabel listriknya lumayan semrawut tapi masih mending dibanding Hatyai Thailand lebih kusut, dengan ada harganya sebelum masuk restoran jadi gak bisa ngemplang harga sama turis kan

    Suka

  5. Yang jual kopi itu orang islam atau bukan bu? kayaknya kalau lagi hujan dan kedingan pasti enak tuh minum kopi itu jadi tambah ingin ke sana(AMINNNNN),saya ingin kayak ibu bisa pergi keluar negeri dan bisa belajar kebudayaan dan macam2 makanan dan tradisi di sana.
    bantu doa ya bu….
    AMINNNN. 🙂

    Disukai oleh 2 orang

  6. Yang jual kopi itu orang islam atau bukan pink? kayaknya kalau lagi hujan dan kedingan pasti enak tuh minum kopi itu jadi tambah ingin ke sana(AMINNNNN),saya ingin kayak pink bisa pergi keluar negeri dan bisa belajar kebudayaan dan macam2 makanan dan tradisi di sana.
    bantu doa ya pink….
    AMINNNN. 🙂

    Disukai oleh 2 orang

  7. wahhh,,,gak perlu khawatir lagi dong buk. soalnya udah ada tempat yang jual makanan halal walaupun harganya sedikit mahal…rasanya pasti gak kalah sama makanan yang mahal seperti pizza…tapi enakan mana buk,,makanan indonesia apa makanan yang ada disana?…tapi kalo dibandingin mie ayam lebih murah loh buk,,hehehe. 😀
    Disana ada masjid juga ya buk?wah keren tuh buk mau sholat gak repot-repot lagi cari tempat..KEREN buk!!!

    Disukai oleh 1 orang

  8. Ooh…Ternyata masih bnyak ya buk aneka makanan halal di vietnam,,gak butuh bawa makanan dari rumah dong klo mau ke vietnam..wkwk…ada masjidnya pula,,jadi gak ada alasan untuk tidak sholat disana,,,oleh krna itu gak ada yg prlu di khawatirkan lg,,,krna jln-jln kita tdk mlnggar aturan agama…

    Disukai oleh 1 orang

  9. wahhh… resto Halalamin nya recomended bgt tuh buat para traveler lainnya 😀
    udh murah, rasanya pun enak seperti kata ibuk^^ hehe
    setuju bgt sama ibuk yang lebih memilih mencicipi masakan turki dinegara asalnya kelak:D selain mendapatkan rasa makanan yang khas dri negaranya, suasana bahkan aura dri makanannya pasti berbeda daripada kita makan dinegara yang berbeda 😀 hehe

    Disukai oleh 2 orang

  10. Setuju ibu, where there is a will, there is a way. meskipun sedikit susah dalam mencari makanan, tpi kito harus yakinlh bu, pasti ado bae jalannyo, ado restoran, nasi goreng, dan bnyaklh bu, bahkan ado masjid. tpi bu nmo masjidnyo ado kesalahan semestinyo tuh ar-Rahim bukan al- Rahim…. kan ado masjid, jdi salat dlu baru makan, biar makannyo lebih tenang bu…..

    Disukai oleh 2 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s