Destinasi

Mengirim Postcard Pertamakali Di Kantor Pos Central HCMC

DSCN3633
Kantor Pos Central HCMC

Selalu ada yang pertama untuk suatu hal yang elo lakukan, mungkin rasanya seperti waktu pertama kali loe naik pesawat, pertamakali mo ketemu calon mertua atau pertamakali mo nikah (emang mo nikah berapa kali). Rasanya exited dan grogi gitu campuran antara senang tapi juga bingung, begitulah yang gue rasakan waktu akan mengirim postcard untuk dua orang temen gue di Indonesia untuk pertama kalinya (lebay…).

DSCN3691
Pengaruh Perancis kental sekali dari gedung kantor pos Central HCMC ini

Gue kagum dengan kantor pos central HCMC ini, walaupun gedung tua peninggalan kolonial Perancis yang dibangun dari tahun 1886-1892 namun kondisinya masih terawat dan masih digunakan sampai sekarang. Tidak heran kalau kantor pos central ini sering dijadikan objek foto maupun lokasi pemotretan karena memang gedungnya instagramable sekali.

DSCN3637
Ada yang sedang berfoto untuk foto angkatan di sekolah atau kampus
DSCN3666
Interior campuran antara gothic, Renaissance dan Perancis
DSCN3668
Lukisan peta Vietnam Selatan dan Kamboja, terdapat 2 peta di sisi kiri dan kanan di dalam gedung

Masuk ke gedung ini yang pertamakali gue lakukan adalah mengamati interior dan fasilitas serta pelayanan di kantor pos terutama bagian pengiriman postcard. Di koridor kiri dan kanan terdapat tempat penjualan suvenir dengan harga pas namun cukup murah. Selain di koridor, di tengah ruangan juga terdapat tempat penjualan barang-barang keperluan surat-menyurat seperti sepaket perangko untuk koleksi, postcard dan bermacam suvenir.

DSCN3674
Suvenir dan barang-barang pos untuk keperluan surat menyurat
DSCN3681
Loket-loket yang ada di kantor pos

Rame juga kantor pos ini didatangi turis dan warga lokal yang ingin mengirim surat, paket, postcard ataupun sekedar berkunjung dan berfoto-foto. Selain fasilitas untuk keperluan surat menyurat, di dalam kantor pos ini juga disediakan beberapa bilik ATM dan tempat duduk jika pengunjung merasa capek habis keliling objek wisata disekitar kantor pos. Gue pun menarik uang disalah satu mesin ATM di dalam kantor pos ini karena tempatnya lebih aman.

DSCN3678
Loket tempat mengirim paket dan parcel

Gue membeli beberapa postcard yang harga perlembarnya 4 ribu VND, lalu mengantri di loket pengiriman , setelah bertemu penjaga loket postcard, gue membeli perangko sesuai harga yang tertera di loket. Gue mengirim postcard ke Indonesia yang termasuk wilayah Asia sehingga untuk satu postcard dibutuhkan perangko seharga 11 ribu VND, setelah itu perangko dioleskan air yang terdapat pada spons di dalam mangkok lalu di tempel ke postcard jangan lupa menulis alamat rumah temanmu dengan lengkap termasuk kode pos nya terus pesan yang kamu tulis untuk teman atau pacarmu misalnya β€œsemoga kamu bahagia dengan dia yang jadi pilihan orang tuamu dari aku mantan terindahmu”.

DSCN3669
Contoh postcard yang gue beli di kantor pos HCMC
DSCN3682
Bangku dan meja tempat menulis ucapan, sampai ada yang terlalu serius mikirin kata-kata yang pas untuk pujaan hati
DSCN3672
Loket khusus untuk mengirim kartu pos
DSCN3670
Harga perangko untuk mengirim postcard dan surat ke luar negeri, celupin tangan ke mangkok lalu oleskan ke perangko dan tempel ke postcard
DSCN3671
Ibu penjaga loket postcard nya galak lho

Selain mengirim postcard untuk teman, pacar, gebetan atau temen tapi demen ada juga traveler yang gue temui yang mengirim postcard untuk dirinya sendiri katanya sebagai bentuk menghadiahi diri sendiri karena berhasil sampai pada tempat yang dia kunjungi, sah-sah saja yang penting happy.

DSCN3677
Tua atau muda masih senang berkirim surat atau postcard dijaman serba internet seperti sekarang

Ceritanya gue pengen ngasih kejutan untuk kedua temen gue itu dengan tidak memberi tahu mereka kalau gue mengirim postcard, sudah dua minggu gue tunggu kok mereka belum mengirim pesan kalau dapat postcard dari gue, akhirnya gue duluan yang ngomong sudah mengirim postcard, yah kejutannya gagal deh hahaha ternyata postcard nya belum sampai. Setelah nunggu sebulan lebih, baru dapat kabar dari temen kalau postcard nya nyampe, gue seneng banget soalnya berasa kayak udah PHP in bilang ngirim postcard tapi nggak nyampe udah sebulan lebih (gue bukan cewek tukang PHP ya apalagi PHPin cowok yang senyumnya manis kayak kamu hihihi).

Ini pengalaman pertamaku mengirim postcard, bagaimana pengalamanmu? Share dong guys…

Iklan

34 tanggapan untuk “Mengirim Postcard Pertamakali Di Kantor Pos Central HCMC

  1. Kalau ingat kantor pos HCMC, jadi ingat pengalaman foto2 di kotak telepon yg ada di sanaπŸ˜…πŸ˜… waktu itu niatnya numpang istirahat di kantor pos. Trus temen2ku lihat ada beberapa ruangan kayak wartel gitu tapi telponnya antik. Kami pose2 lah disana haha norak dilihatin orang2 tapi cueklah. Aku kesana tahun 2010 kalo ga salah. Ga tau sekarang masih ada apa ga itu kotak.
    Aku termasuk orang yg mengirimi diri sendiri kartupos kalau bepergian. Dan suvenir yg selalu kubeli itu kartupos dan perangko. Baru beberapa waktu lalu aku ada bagi2 kartupos karena kami sedang liburan ke Itali. Ga nyangka banyak yg antusias. 2 jam sejak diposting, sudah 20 orang yg daftar, akhirnya postingan ditutup haha.

    Disukai oleh 1 orang

  2. kotak teleponnya udah jadi bilik ATM mbak deny hehehe menyesuaikan dengan kebutuhan, traveler ada yang suka sama kartu pos ada yg suka koleksi magnet ya mbak, anehnya aku gak suka ngumpulin keduanya lebih ke sesuatu yg khas misalnya pas di vietnam aku beli kopi vietnam dan blooming tea (teh bunga yang bisa mekar) beserta alat saring kopinya yg khas itu

    Suka

  3. Terpikat dengan arsitektura bangunan kantor pos yang cantik ini. Suka juga koleksi post card dengan pemandangan indah ataupun ekspresi budaya. Salam

    Suka

  4. Aku selalu kirim kartu pos buatku sendiri kalau misalnya keluar negeri, bukan apa-apa sih, kartu pos itu bisa jadi alat kontrol. Kalau misalnya udah nyampe ke rumah, kemungkinan besar juga nyampe ke teman-teman lainnya khan, jadi bisa ngasih kejutan deh hehehehe …

    Disukai oleh 1 orang

  5. nanti om cumi kalo pink traveler udah tembus viewernya jeti2 an macam om cumi mau kasih GA tiket, amiin…ini kirim postcard juga karena nanggung udah main ke kantor pos sekalianlah kirim postcard

    Suka

  6. aku juga baru sekali itu ngirim postcard coz nanggung sih dah mampir ke kantor pos itung2 ngasih hadiah ke temen yg koleksi postcard, makasih ya mas udah mampir jauh2 dari Karimun hahaha

    Suka

  7. Buahahaha, kayaknya menarik minta dikirimi postcard. Aku ada teman yang rencananya S2 di Prancis dan Taiwan, mintak kiriman ahh *jadi preman.

    Tenang aja mbak, udah aku ikuti di blog, jadi tiap ada tulisan baru insyaallah mampir πŸ˜€

    Disukai oleh 1 orang

  8. wah nanggung mas kalo ada temen s2 di luar negeri jangan cuma postcard yg lain juga hahaha, #bakatpreman, doain ya aku juga bisa dapet beasiswa s2 di luar negeri biar bisa ngirimin mas Nasir postcard #adapostcarddibalikdoa

    Suka

  9. Itu pesen buat “temen” dalam banget.
    Dulu suka kirim postcard ke diri sendiri dari negri yng sudah kutandangai.
    sekarang… dah males. foto narsis aja sepuasnya *cekrek, hehehe

    Suka

  10. Keren gedungnya mrs. PINK.
    walupun kali pertama ngunjungin tempat pengiriman kayak itu tapikan sukses juga :-D.
    Berarti kita gak cuman bisa sekedar ngirim surat sekalian kunjungankan, backgroundnya bagus untuk selfie. lanjutkan mrs PINK travelling

    Disukai oleh 1 orang

  11. Aku sempet gak ngeh ini Vietnam sampai lihat mata uangnya. :)))

    Keren ya tempatnya. Aku belum pernah ke sana. Jadi pengen masukin ke bucketlist juga. πŸ˜€

    Disukai oleh 1 orang

  12. makasih sudah mampir, iya kantor posnya bagus bergaya perancis, di dekat kantor pos ini juga ada jalan yg isinya deretan toko buku cakep dan ada book cafe juga ceritanya ada ditulis di blog

    Suka

  13. Keceee,,,,Sekarang kantor pos yang beginian udh susah di temuin, arsitekturnnya keren,,,serasa di Perancis, mana masih berfungsi dengan baik, bukan cuma tempat untuk ngirim surat, tapi bisa jadi tempat daebak utk travelling..

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s