7 Cara Seru Liburan Di Bengkulu Part 1

img_20140622_170754

Mungkin banyak orang Indonesia belum pernah mendengar atau tahu ada provinsi bernama Bengkulu di pulau Sumatera, wajar kiranya karena Indonesia itu luas banget, provinsinya juga banyak ditambah lagi pelajaran Geografi dan Sejarah di sekolah bikin ngantuk, alhasil siswa sering lupa dan gak tau nama-nama tempat dan lokasi di Indonesia beserta sejarah di dalamnya apalagi nama gubernur atau bupatinya yang tersangkut kasus korupsi #eh

Gaung pariwisata Bengkulu memang tidak nyaring berbunyi, coba nunjuk tangan siapa traveler yang sudah pernah traveling ke Bengkulu? Kayaknya lebih banyak traveler yang sudah pernah pergi ke Flores dan Aceh dibandingkan ke Bengkulu.

Memangnya bengkulu punya apa?. Kalau mau tahu di Bengkulu ada apa aja, baca cerita gue sampai habis trus di share di socmed biar Bengkulu terkenal.

Jadilah kali ini gue mau bahas Bengkulu karena meskipun lokasinya dekat dengan provinsi Sumatera Selatan, masih jarang dilirik sebagai destinasi wisata dibandingkan Lampung provinsi sebelah, padahal Bengkulu ini tempatnya cantik dan manja. Samalah kayak blog loe yang kontennya bagus gila tapi masih kurang promosi, yuuk kita rajin promo dan jual diri biar blog kita femes wkwkwkw.

Gue pergi ke Bengkulu juga tidak sengaja dan tidak direncanakan super detil kayak destinasi lainnya (gue kan bukan Virgo hehehe), maklum kalau traveling bareng teman yang pake rencana seringnya gagal ditengah jalan alias cuma wacana aja.

Ceritanya gue punya teman satu kosan waktu kuliah di Palembang, namanya Misher (canggih banget ya namanya, doi cewek kok), si Misher ini balik ke kampung halamannya di Bengkulu setelah kelar kuliah di Palembang. Di kantor, gue berteman sama Wirda, ternyata si Wirda ini teman satu kelasnya Misher waktu kuliah. Dunia emang sempit ya, ketemunya ya dia lagi dia lagi jadinya.

Duit bokek tapi pengen traveling, salah satu caranya pergi ke destinasi dimana ada temen loe tinggal disana, dengan catatan loe sudah ngabarin dari jauh-jauh hari dan dia bersedia nampung loe tinggal di rumahnya. Jangan ujug-ujug datang trus minta dilayani kayak princess. Emang ada yang kayak gitu ??? Adaaaa. Yang kayak gitu pecat aja jadi temen, bikin susah hidup loe.

Life Guide : Banyak-banyakin punya temen dari berbagai daerah dan negara biar lo  bisa nebeng saat traveling tapi syaratnya lo gak suka ngutang dan nyebarin screenshoot capturan WA.

Nah kalo gue ditawarin malah sama Misher udah dari jauh-jauh hari supaya main ke Bengkulu, apa daya gue kalo dipaksa-paksa gitu suka gak enakkan hahaha. Berhubung ada teman perjalanan yaitu Wirda, gue akhirnya traveling ke Bengkulu berdua sama Wirda (asyeeek).

Yuk ikuti 7 cara seru ala Pink Traveler yang berlibur di Bengkulu berikut agar liburan loe menjadi liburan paling hot dan hits di tahun ayam api yang menggelora.

1. Bermain di Pantai
Bengkulu ini punya banyak pantai, tiga diantaranya sudah diketahui masyarakat luas yaitu Pantai Panjang, Tapak Paderi dan Jakat ditambah lagi ada dua pulau yaitu Pulau Tikus dan Pulau Enggano.

Pantai Panjang Bengkulu
Pantai Panjang Bengkulu

Gue mainnya ke pantai yang paling banyak pengunjungnya yaitu Pantai Panjang, dinamakan demikian karena pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7 km sehingga gue sebagai pengunjung bisa main kejar-kejaran di bibir pantai sampe puas, ya kali ada yang ngejar.

img_20140622_170529
Si mbak nggak ada yang ngejar tapi lari sendiri, kasihan dia
img_20140622_165443
Mbak pindah mbak, udah penuh tuh jangan melamun terus unch..unch…

Selain bermain kejar-kejaran, loe bisa juga berenang di pantai karena ombak Pantai Panjang ini cenderung landai. Masih ada lagi yang bisa loe lakukan di sini yaitu menembak gebetan loe (kalo ada) atau bagi yang perginya sama pacar bisa ungkapkan perasaan loe di pasir pantai ini seperti contoh gambar di bawah ini. Dijamin pacar loe meleleh hatinya dan minta segera dinikahi #eh.

img_20140622_171314
Mo nembak gebetan, pake cara ini juga manjur dijamin loe gak bakal ditolak (S & K berlaku)

Telah kuukir perasaan terdalamku di pasir pantai, tapi ombak menghapusnya. Tidak apa-apa aku akan mengukirnya kembali lagi dan lagi. Karena cinta adalah kata kerja dan pekerjaannya tidak pernah selesai (Pink Traveler). Ini contoh puisi untuk menaklukkan hati si dia.

Selain travel blogger, diam-diam Pink ini seneng lho menulis puisi kalo lagi jatuh cinta atau patah hati. Tolong ya buat fans abis ini jangan DM ke socmed Pink trus minta no HP abis itu ngelunjak minta dicintai huahahaha.

Bagaimana kalo loe jomblo? tenaaang, tips dari Pink datang ke pantai di sore hari Sabtu atau Minggu, banyak yang cakep-cakep dan cantik menggemaskan datang ke sini, yang penting loe berani aja kenalan sama mereka. Jangan cuma berani nyepik gebetan di twitter tapi pas ketemu yang bening di tempat wisata mingkem doang bisanya (sumpah nggak nyindir siapa-siapa).

Pantai Panjang ini memang panjang garis pantainya, berpasir putih nan halus dan ombaknya tidak terlalu besar. Jadi wajarlah jika tempat ini jadi primadona warga Bengkulu untuk berwisata.

Beberapa hal unik yang gue temui di Pantai Panjang Bengkulu jika datang di sore hari Sabtu atau Minggu.

img_20140622_174606
Wow ada bioskop keliling di Bengkulu
img_20140625_142209
Masa kecil bahagia

Pengunjung pantai bisa menyewa sepeda lalu berkeliling pantai menggunakan sepeda, seru lho sore hari bersepeda keliling pantai siapa tahu bisa ketemu gebetan kan.

Kalau loe lapar dan kehausan gak usah khawatir di pinggir pantai banyak yang jualan kelapa muda, berbagai minuman ringan, minuman berat, makanan ringan sampai makanan berat. Yang penting loe bawa duit aja, jangan ngutang bilang sama teman “pake duit loe dulu” abis itu amnesia. Hayoo siapa yang masih suka gitu, wah…wah itu bentuk penistaan pertemanan.

img_20140621_180249-1
Nunggu sunset di tepi pantai, tapi nunggu kamu tak jua muncul

Main ke pantai jangan nanggung, mulai datang di sore hari sampai menunggu sunset sambil minum es kelapa muda dan jajan makanan pinggir pantai. Setelah itu menyeberang dari pantai lo bakal ketemu Mall Bencoolen nah cucok banget kan pantai Panjang ini jadi tujuan utama wisata soalnya gak bakal bikin lo mati gaya. Cuss main ke Bengkulu secepatnya…..

2. Berenang  Manja Dengan View Pantai

Pengen berenang ala-ala resort manja yang pemandangannya langsung ke pantai dan laut, tapi resort seperti itu adanya jauh dan mahal kayak di Bali, nggak cocok juga untuk kantong backpacker. Eits tunggu dulu, sebagai penggemar M2M (Murah tapi Manja) Pink akan kasih info maha penting ini, tempat berenang hits di Bengkulu ada di hotel Horizon (pake Z ya bukan S) dengan harga tiket masuk cuma 15 ribu untuk berenang sepuasnya sampe kulit loe gosong.

Tips : Datanglah ke kolam renang hotel Horizon di pagi hari sekitar jam 8 atau 9 karena cuaca belum terlalu panas dan jumlah pengunjung masih relatif sepi.
img_20140622_093359
Kolam renang manja dengan pemandangan pantai Panjang dan laut
img_20140622_074401
kolam renang ini banyak dikunjungi oleh keluarga

3. Mengunjungi Tempat-Tempat bersejarah

Salah satu keistimewaan dari kota Bengkulu adalah kota ini kaya akan sejarah, sehingga ketika datang ke kota ini wajib mengunjungi tempat-tempat bersejarah di sini. Mengunjungi tempat-tempat bersejarah terasa masuk ke lorong waktu dan gue tenggelam di dalamnya, sehingga perasaan gue tak lagi sama seperti sebelumnya. Seperti ada keharuan dan jiwa patriotisme mendadak muncul menggelora. Apa yang bisa gue berikan untuk bangsa dan negara? begitulah kira-kira isi hati gue (mendadak serius).

Beberapa tempat bersejarah yang wajib dikunjungi di Bengkulu adalah:

  1. Rumah Ibu Fatmawati
img_20140621_145609
Rumah Ibu Fatmawati Soekarno di kota Bengkulu

Siapa Ibu Fatmawati?. Beliau adalah istri dari presiden Soekarno alias ibu negara Indonesia pertama. Ibu Fatmawati menjadi ibu negara dari tahun 1945 sampai 1967. Ibu juga dikenal jasanya sebagai penjahit bendera merah putih pada upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1945.

Ibu Fatmawati terlahir dari pasangan Hassan Din dan Siti Chadijah. Ayahnya Hassan Din merupakan tokoh Muhammadiyah di Bengkulu. Ibu Fatmawati menikah dengan Soekarno pada tanggal 1 Juni 1943, saat itu Soekarno belum menjadi presiden RI pertama tapi justru diasingkan oleh Belanda ke Bengkulu yang terpencil.

Bagaimana romantis dan manisnya kisah cinta ibu Fatmawati dan Soekarno akan gue ceritakan di postingan lain, iye nulis postingan ini aje udah lebih dari 2 ribu kata guys. Gue takut loe jadi bosen.

img_20140621_151041
Lukisan wajah ibu Fatmawati Soekarno, cantik sekali ya beliau

Menurut berbagai sumber yang gue baca, sebenarnya ini bukan rumah asli dari ibu Fatmawati melainkan rumah kerabatnya yang dihibahkan kepada pemprov Bengkulu untuk dijadikan museum yang berisi barang-barang peninggalan ibu Fatmawati, sehingga museum ini dapat memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Kita harus belajar dari sejarah gaess agar menjadi pribadi yang bijaksana.

Sebenarnya ngomongin sejarah bukan spesifikasi blog gue (SPESIFIKASI :))), soalnya terlalu berat untuk kapasitas otak gue yang pas-pasan. Udah ngecek blog sebelah sepertinya blogger sebelah lebih pas.

Bisa berkunjung ke rumah ibu Fatmawati aja gue bangga banget, baru nginjek tangga rumahnya udah ada banyak pertanyaan di kepala. Seperti apa sosok ibu Negara, bagaimana isi rumah dan perabotannya (cewek banget ya) serta rasa penasaran, apa sih yang dimiliki ibu Fatmawati sehingga Soekarno bisa jatuh cinta.

Siapa tahu kelak gue bisa menjadi ibu negara yang cantik dan pandai menjahit seperti ibu Fatmawati tanpa disertai drama dan galak pada netizen di sosmed. #eh

img_20140621_144233
Mesin jahit yang digunakan ibu Fatmawati untuk menjahit bendera merah putih

Pink rela belajar menjahit langsung di rumah ibu Fatmawati demi merebut hati oppa Lee Min Ho. #disambitBBkrim

img_20140621_144116
Foto ibu Fatmawati sedang menjahit bendera merah putih

Masuk ke rumah ibu Fatmawati tidak dikenakan biaya alias gratis, karena ini rumah seorang ibu, berbeda dengan rumah makan “Bundo Kanduang” meskipun seorang ibu kandung gue harus bayar kalau makan di sana.

2. Rumah Pengasingan Soekarno

img_20140621_150134
Rumah pengasingan Soekarno tampak depan

Dari Rumah ibu Fatmawati perjalanan berlanjut ke rumah suaminya Bung Karno. Presiden Indonesia pertama ini menempati rumah ini pada tahun 1938 – 1942. Sebelumnya Soekarno diasingkan di kota Ende Flores kemudian dipindahkan ke Bengkulu karena dianggap kota ini kota terpencil di Sumatera.

Menurut gue, Soekarno bisa menjadi sosok pemimpin berpengaruh dan hebat, salah satunya karena beliau sering traveling dari satu tempat terpencil dan jauh ke tempat terpencil lainnya karena diasingkan Belanda ataupun karena perjuangannya untuk kemerdekaan Indonesia.

Yuk kita rajin traveling, siapa tahu suatu hari nanti loe bisa jadi presiden dan gue jadi istri presiden. #lifegoal

img_20140621_150600
Ruang tamu di rumah pengasingan Soekarno

Dulunya, rumah ini adalah rumah  milik pengusaha Tionghoa bernama Tan Eng Cian yang saat itu bekerja sebagai penyuplai sembako untuk Pemerintah Belanda. Lalu Belanda menyewanya untuk menempatkan Soekarno di rumah tersebut selama diasingkan di Bengkulu.

Di rumah pengasingan ini gue mengamati ruang kerja, ruang tamu, kamar tidur, lemari buku bahkan sepeda ontel di teras belakang rumah. Semua perabotannya dalam kondisi terawat. Cuma buku-buku Soekarno saja yang kondisinya sudah lapuk, semoga buku-buku tersebut bisa diselamatkan agar tak lapuk karena usia entah bagaimana cara ataupun teknologinya.

img_20140621_150652
Ranjang di kamar tidur Soekarno, dilarang duduk apalagi numpang tidur di sana
img_20140621_150912
Dokumentasi surat cinta Soekarno kepada Ibu Fatmawati

Presiden Soekarno ini sosok laki-laki romantis di masanya, rupanya beliau rajin berkirim surat dengan kata-kata indah nan puitis kepada pujaan hatinya ibu Fatmawati. Gue dapat memahami pesona Soekarno yang kuat dan kemampuannya menulis hal-hal romantis karena kami berdua dinaungi zodiak yang sama yaitu Gemini. Zodiak yang paling ditakuti dalam urusan asmara, karena kata-katanya dan segenap perilakunya sungguh-sungguh mempesona. Hati-hati ya kepada Pink karena doi cewek Gemini tulen, diam-diam tanpa loe sadari hati loe telah tercuri hahaha.

Mungkin sifat romantis Soekarno bisa ditiru buat cowok-cowok masa kini dengan mengirim kata-kata indah dan puitis lewat Whatsapp atau Line . Tapi sepertinya mengirim WA puitis tiap hari pun tidak populer lagi karena #lovegoal nya cewek-cewek Indonesia itu seperti cowok-cowok Korea di drama Goblin, nggak apa sedikit tua usianya yang penting bisa membawa loe ke Kanada dan hidup bahagia selama-lamanya. #keselek

img_20140621_151014
Berkaca di cermin di kamar tidur Soekarno

Di kamar tidur Soekarno selain ranjang yang menarik adalah cermin, dokumentasi surat dan foto-foto Soekarno. Kamar tidur Soekarno simpel dan klasik dengan perabotan sederhana.

Gue melangkah menuju cermin di kamar lalu saat berkaca di cermin sungguh gue penasaran, lalu hati dipenuhi seribu tanya yang menuntut jawaban. Bagaimana membaca hati laki-laki?

“Bertanya kepada cermin tentang rahasia laki-laki, mengapa mereka tak cukup berlabuh di satu hati”.

Adakah yang bisa menjawabnya?.

Dari kamar gue beranjak menuju teras belakang dan melihat sepeda ontel peninggalan Soekarno. Kendaraan sederhana yang beliau gunakan semasa di Bengkulu.

img_20140621_151158
Sepeda onthel Soekarno

Setelah mengunjungi rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu, gue semakin menaruh hormat kepada beliau karena perjuangan beliau dan pahlawan-pahlawan negara yang berat untuk kemerdekaan Indonesia yang sekarang kita nikmati.

3. Benteng Marlborough

img_20140621_162613
Benteng Marlborough

Benteng ini didirikan oleh East India Company (EIC) sejak tahun 1713 hingga 1719 di bawah pimpinan Gubernur Joseph Callet. Benteng ini menjadi pusat pemerintahan Inggris di Bengkulu.

Marlborough jatuh ke tangan Hindia Belanda pada tahun 1825-1942 kemudian dikuasai Jepang pada tahun 1942-1945. Ketika Jepang terusir dari tanah air, benteng ini sempat manjadi markas Polri. Namun, pada tahun 1949-1950, Bneteng Marlborough diduduki oleh Belanda. Pada tahun 1950 sampai 1977, Benteng Marlborough digunakan sebagai markas TNI-AD. Tahun 1977, benteng diserahkan ke Depdikbud untuk dipugar dan berubah fungsi menjadi bangunan cagar budaya.

img_20140621_161841
Benteng dilihat dari belakang

Begitulah secuil info tentang Benteng Marlborough, betapa panjang sejarah berdirinya benteng ini yang akan lebih loe pahami jika datang langsung ke TKP. Benteng ini masih berrdiri kokoh dan terawat dengan baik sebagai saksi sejarah kolonialisme di Bengkulu.

img_20140621_1620292
Kondisi di dalam benteng

Untuk spot berfoto favorit gue dan teman-teman ada diatas benteng, dari sana kita bisa melihat pantai dan laut, asli cakep banget….

img_20140621_163538
Memandang laut dari atas benteng
img_20140621_163050
Spot favorit untuk berfoto

Yah bersambung gaess….

Masih ada 4 lagi dari 7 cara seru liburan di Bengkulu tapi tulisan ini udah kepanjangan ceritanya terpaksa gue cut jadi 2 meskipun sebenarnya tulisannya udah selesai. Kalau versi full nya lebih dari 3000 kata. Terlalu panjang sih menurut gue, bisa-bisa loe pada bosan dan nggak lanjut baca karena keburu ngantuk.

Asli gue baperan harus memotong postingan ini jadi dua, kayak hati gue yang sulit di bagi dua….

 

 

 



 

 


 

Iklan

28 thoughts on “7 Cara Seru Liburan Di Bengkulu Part 1

  1. Deddy Huang 19 Januari 2017 / 10:49 am

    Aku lagi di Bengkulu neh.. Ke tempat yang ditulis dirimu juga haha

    Disukai oleh 1 orang

  2. Nasirullah Sitam 19 Januari 2017 / 12:11 pm

    Bengkulu sepertinya masih kalah pamor dengan provinsi lain perihal promosi wisatanya ya. Padahal kalau dilihat-lihat, banyak destinasi wisata di sana yang bisa dikunjungi.

    Disukai oleh 1 orang

  3. Fajrin Herris 19 Januari 2017 / 6:42 pm

    Pantai bengkulu yg masih asri banget y mbak. Aku suka pantai,benteng dan rumah pengasingan klo di bengkulu..

    Disukai oleh 1 orang

  4. Pink Traveler 19 Januari 2017 / 7:44 pm

    Iya pantainya asri, kalo di Bengkulu aku suka jalannya yg gak macet

    Disukai oleh 1 orang

  5. Fajrin Herris 19 Januari 2017 / 8:20 pm

    Kalau gak salah dpinggir pantai ny ada cottage jg y. Ya bengkulu gak macet dia..

    Disukai oleh 1 orang

  6. @eviindrawanto 19 Januari 2017 / 8:40 pm

    Aku akrab dengan Bengkulu gara-gara gula aren. Gula aren Bengkulu sering Mampir ke tempatku. Dan Cuko mpek-mpek di Palembang itu kebanyakan berasal dari Bengkulu gulanya. Tapi akunya sendiri belum pernah ke sana. Membaca postingan ini Jadi kepengen banget 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  7. Pink Traveler 19 Januari 2017 / 11:54 pm

    Iya mbak gula merah batok kalau kami bilangnya, itu gula mahal dan jadi bahan cuko pempek untuk cuko yang enak, Bengkulu kota kecil dan nggak macet jadi enak untuk dikunjungi sementara kulinernya dipengaruhi citarasa Minang

    Suka

  8. insanwisata (@InsanWisata) 20 Januari 2017 / 9:07 pm

    makin penasaran nih sama bengkulu. kayanya harus langsung ke sana. aku belum pernah ee. Bisa jadi referensi nih Mba. Kapan2 ajakin aku ya. hehe

    Disukai oleh 1 orang

  9. Pink Traveler 20 Januari 2017 / 10:01 pm

    Masih ada yang part 2 mas, aku road trip pake motor keliling beberapa kabupaten di Bengkulu, siip ke Palembang dulu kalo mau ke Bengkulu ntar ku gelar karpet pink

    Suka

  10. Pink Traveler 20 Januari 2017 / 10:02 pm

    Pengen om ke Flores tunggu tabungan cukup dan jatah cuti

    Suka

  11. adelinatampubolon 21 Januari 2017 / 11:16 am

    Cukup sering sich dengar Pantai Panjang dan Benteng Marlborough tapi beluim kesampaian kesana hiksss..

    Disukai oleh 1 orang

  12. Pink Traveler 21 Januari 2017 / 11:22 am

    sabar aja mbak Indonesia itu luas banget aku ke sana aja berhubung ada temen dan lumayan dekat palembang

    Disukai oleh 1 orang

  13. Pink Traveler 21 Januari 2017 / 4:50 pm

    Iyo curup mirip bandung cm blm dikelola

    Suka

  14. Dewi Nielsen 22 Januari 2017 / 3:38 am

    Anak yang naik sepeda itu Na..aku merinding liatnya..takut dia jatuh….

    Itu bioskop keliling, mereka kayak layar tancap gitu kah?

    Disukai oleh 1 orang

  15. Pink Traveler 22 Januari 2017 / 12:40 pm

    Kayaknya gitu sih mbak, nggak diputer waktu ke sana, masih mendingan yang sepeda itu, yang lebih serem main egrang yang tinggi juga ada dulu di kampung

    Suka

  16. sarah 22 Januari 2017 / 11:51 pm

    Cie..cie.. puisinya romantis neng. Pantainya bagus, cakep masih ori na. Btw anak anak yang main sepedaan tinggi gitu nyewa sepedanya ya?

    Disukai oleh 1 orang

  17. Pink Traveler 23 Januari 2017 / 8:01 am

    Temenku ada nyewa sepeda yg normal kalau yg tinggi itu mungkin milik pribadi

    Suka

  18. cumilebay.com 23 Januari 2017 / 12:44 pm

    Itu sepeda tinggi banget, kalo berhenti di tengahjalan gimana caranya ???

    Suka

  19. Pink Traveler 23 Januari 2017 / 2:12 pm

    ada remnya sih om, yang pake kendaraan bermotor harus ngalah kalo remnya nggak pakem hahaha

    Suka

  20. khairul fuad (@khaairulfuad) 24 Januari 2017 / 7:58 pm

    Masalah internal di Sumatra itu selalu soal transportasi mbak, kalau naik bus lama dan jalurnya juga cukup berbahaya plus sering terjadi pembajakan. nah kalau naik pesawat jangan ditanya mahalnya kalau dari kota kota di Sumatra menuju Bengkulu. iri daaah sama Jawa:(

    Disukai oleh 1 orang

  21. Ata 2 Februari 2017 / 3:52 pm

    Waah coba udah kenal, bisa tak ajakin main Mba. ☺

    Btw salam kenal ya, aku juga dari Palembang tapi lagi tugas di Bengkulu. Seneng kalo ketemu Bloger asal Palembang jugaa hihi

    Disukai oleh 1 orang

  22. Pink Traveler 2 Februari 2017 / 3:54 pm

    Wah iya ya tapi aku kapok ke Bengkulu, mabuk darat biasanya gak pernah naik bus lama pun

    Suka

  23. Ata 2 Februari 2017 / 3:55 pm

    Pake pesawat aja Mba udah ada yang direct kok tapi mihil sik. Abis ga ada saingan dia huh 😂

    Disukai oleh 1 orang

  24. tarjiem 5 Februari 2017 / 12:48 pm

    Kok saya fokusnya sama judul di bawah foto-foto itu yah. Tenang Mbak nanti pas sunrise, orang yang ditunggu bakalan muncul juga.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s