Review

[Review] Powerbank Asus Zenpower Ultra 20100 mAh

lz0cvi2uhrnnycgb_setting_fff_1_90_end_500
Power Bank Asus Zenpower Ultra 20100 mAh warna pink

Sebelum berangkat traveling, gue biasanya membuat list barang-barang apa saja yang musti di bawa karena takut ketinggalan sehingga menyebabkan perjalanan gue menjadi nggak nyaman. Barang-barang wajib dibawa oleh gue itu adalah kamera, HP, colokan listrik universal, tongsis (tongkat narsis aka monopod) dan power bank.

Kamera penting untuk dokumentasi perjalanan dan mendukung kerjaan gue sebagai travel blogger, sementara HP sudah kayak nyawa kedua kalau nggak ada rasanya dunia kayak mau  kiamat. HP saat ini kebutuhan yang amat vital untuk memudahkan perjalanan karena sekarang semua informasi yang dibutuhkan oleh traveler tersedia di HP selama terkoneksi dengan internet.

Colokan listrik universal penting dibawa jika traveling ke luar negeri dimana jumlah dan bentuk lubang untuk colokan listrik berbeda-beda. Tongsis sangat membantu solo traveler kayak gue untuk mengambil foto diri di tempat wisata karena kalau minta foto dengan orang lain hasilnya kebanyakan ancur.

Last but not least barang wajib yang nggak boleh ketinggalan itu power bank, jika kamera dan HP mati kehabisan baterai maka semua urusan kelar dan gue pun cuma bisa menyesali diri mengapa semua itu bisa terjadi. #nangisbombay

Pernah HP gue mati seharian karena kehabisan baterai sementara gue nggak ketemu colokan listrik buat mencharge HP gue, akibatnya gue nggak bisa menghubungi keluarga buat ngasih kabar kalau sudah sampai ke destinasi traveling akibatnya keluarga gue jadi panik. Sebagai solo traveler gue harus rajin ngasih kabar ke keluarga biar terus dikasih ijin buat traveling.

Belum lagi kalau HP mati, gue nggak bisa ngambil foto karena untuk update foto di media sosial seperti Instagram dan Facebook lebih cepat jika fotonya lewat HP daripada lewat kamera. Kalau HP mati kehabisan baterai bakalan membuat mood gue rusak.

Itu baru HP yang mati, biasanya karena keasyikan motret beberapa tempat wisata, kamera saku yang sering gue bawa juga mati kehabisan baterai. Wah yang ini musibah banget buat gue secara foto-foto penting untuk dokumentasi, terutama kebutuhan untuk menulis di blog. Kesel bukan main kalau kehabisan baterai kamera saat sedang asik-asiknya motret. Hadeuh rasanya kayak diputusin pacar pas lagi sayang-sayangnya, nyesek banget kan.

Sejak kejadian HP dan kamera mati di jalan, gue akhirnya pengen punya power bank. Gue sudah dua kali ganti power bank, pertama kali gue punya power bank dengan daya simpan 6000 mAh yang ternyata nggak cukup memenuhi kebutuhan listrik untuk HP dan kamera gue.

Selanjutnya gue ganti power bank lagi dengan daya simpan listrik 10000 mAh dan power bank lama gue lungsurkan buat adek di rumah. Kapasitas power bank baru gue cukup besar untuk memberi daya listrik gadget selama perjalanan. Seiring perjalanan waktu, power bank kedua ini yang memiliki daya 10000 mAh tidak cukup untuk kebutuhan listrik semua gadget gue selama traveling. Power bank kedua ini cuma cukup mencharge HP untuk dua kali atau jika digunakan mencharge kamera maka cuma cukup satu kali charge kamera dan satu kali charge HP.

Sekarang gue masih mencari power bank untuk ketiga kalinya, sumpah gue masih belum ada wangsit mau beli power bank yang mana karena belum ada yang ngasih rekomendasi merk apa yang bagus.

Beruntung gue dapat kesempatan untuk mengulas power bank Asus Zenpower Ultra 20.100 mAh dan diminta untuk menggunakannya selama seminggu.

esidxjhgxjgoe7te_setting_fff_1_90_end_500
Power Bank Asus Zenpower Ultra 20100 mAh warna silver

Selama seminggu gue menggunakan power bank Asus Zenpower Ultra 20100 mAh, gue merasa puas dengan performa power bank ini yang sesuai dengan spek yang Asus janjikan yaitu High Capacity, Dual Port, Quick Charge and LED Flashlight.

Sebelum tidur sekitar jam 11 malam, gue charge dulu power bank Asus Zenpower Ultra 20100 mAh ini, saat gue bangun di pagi hari power bank dalam keadaan penuh yang dapat dilihat dari empat buah lubang yang bercahaya di dekat lampu LED Flashlight. Sebagai traveler dan blogger, penggunaan gue terhadap HP dan modem Wifi cenderung tinggi sehingga baterai HP dan modem sering lowbat.

Adanya power bank Asus Zenpower Ultra 20100 mAh sangat membantu aktivitas dan kerjaan gue yang membutuhkan HP dan modem Wifi selalu on setiap saat. Selama seminggu pemakaian Asus Zenpower Ultra 20100 mAh gue sudah mencharger sebanyak tiga kali untuk HP dan dua kali untuk modem Wifi. Power bank kapasitas sebesar 20100 mAh milik Asus benar-benar terbukti high capacity  kemampuan simpan tenaga listriknya dan awet digunakan.

asus2
Dual Port USB dan LED Flashlight

Kelebihan lain selain high capacity, power bank Asus Zenpower Ultra 20100 mAh ini memiliki dual port alias dua lubang USB sehingga gue bisa menggunakan dua gadget sekaligus sewaktu ngecharge, jadi tidak menunggu satu gadget penuh dulu baru ngecharge gadget yang lain. Hal ini bermanfaat saat gue mengharge HP dan modem Wifi bersamaan sehingga kedua gadget tersebut penuh baterainya secara bersamaan, asyik kan kalau begini.

asus1
Bisa mencharge dua gadget sekaligus

Power bank Asus Zenpower Ultra 20100 mAh ini juga dilengkapi dengan LED Flashlight yang akan membantu gue kalau tiba-tiba mati lampu di kamar atau berjalan di suatu tempat yang minim penerangan, sehingga gue nggak merasa takut dengan gelap atau cahaya remang-remang.

asus
Desain yang elegan

Selain spek dan performa power bank Asus Zenpower Ultra 20100 mAh yang terbukti sesuai antara apa yang mereka klaim dengan kenyataan, kelebihan lain power bank Asus adalah pada desain power bank yang elegan dengan tiga warna pilihan yaitu hitam, silver dan pink. Wow ada warna pink yang cocok untuk Pink Traveler kayak gue. Tapi yang gue sedang pakai selama seminggu ini yang berwarna hitam. Gue suka desain power bank Asus terutama tombol “on” yang mirip dengan tombol “on” pada laptop dan ada tulisan ASUS dengan ukuran normal alias tidak lebay di badan power bank.

Harga power bank Asus Zenpower Ultra 20100 mAh dibanderol US$ 49,29, sementara untuk harga di Indonesia diperkirakan sekitar 600 ribu lebih. Harga yang cukup mahal untuk sebuah power bank namun sepadan dengan kualitas dan berbagai kelebihan dari power bank ini. Seperti ungkapan “ono rego ono rupo”.

Namun begitu tidak ada gading yang tak retak alias masih ada satu kekurangan dari sekian banyak kelebihan power bank Asus Zenpower Ultra 20100 mAh ini yaitu berat power bank ini sekitar 500 gram alias setengah kilogram setelah gue timbang di timbangan milik nyokap di rumah. Cukup berat memang untuk traveler yang light packing terutama budget traveler yang sering naik budget flight dengan batasan berat bagasi.

Selama seminggu gue membawa power bank Asus Zenpower Ultra 20100 mAh di dalam ransel yang semula cukup menambah berat bawaan, lama-lama menjadi terbiasa, itu semua demi gadget yang tetap “on”  saat dibutuhkan.

Gue merekomendasikan power bank Asus Zenpower Ultra 20100 mAh ini untuk dimiliki traveler yang sering bepergian ke daerah-daerah terpencil dimana akses listrik masih terbatas, traveler yang fast traveling  yang dalam satu hari bisa ke dua atau tiga kota sekaligus dan pekerja yang pekerjaanya tergantung dengan HP dan sosial media seperti admin Lambe Turah,  buzzer calon gubernur, selebgram, blogger, selebtwit dan admin sosial media perusahaan dan kantor pemerintah.

Setelah mencoba performa power bank Asus Zenpower Ultra 20100 mAh selama seminggu, gue bisa menyimpulkan kalau gue ingin memilikinya sebagai traveler tentunya, bukan sebagai admin Lambe Turah karena gue memang bukan admin Lambe Turah yang suka cekrek-cekrek henpon jadul…

“Kalau ada sumur di ladang, janganlah lupa menumpang mandi. Kalau ingin beli power bank, ingatlah Asus yang high capacity”.

 

 

Iklan

22 tanggapan untuk “[Review] Powerbank Asus Zenpower Ultra 20100 mAh

  1. Punya powerbank 3 selalu hilang. Jd sekarang klo pergi kmana” aku gak pernah bawa power bank lg. Kayak nya dengan power bank asus lebih nyaman nih klo dbawa kemana” ya mbak..

    Disukai oleh 1 orang

  2. Keren nih power Bank nya, tapi yo kok mahal amat ya na.. Kalo dapat gratisan nggak nolak ya na ^_^ Aku masih setia sama yang lama, pengen cari yang baru tapi harus more lighter #ngematberat

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s