Destinasi

5 Objek Wisata Ramah Anak di Palembang

Jembatan Ampera Membelah Sungai Musi

Kalau menyebut nama Palembang, pasti deh yang diingat itu pempek sebagai makanan khas yang membuat siapapun ingin datang ke Palembang cuma buat nyicip kuliner lezat ini. Padahal Palembang merupakan tempat yang seru sebagai destinasi traveling, menghabiskan weekend bersama teman-teman dan keluarga bisa jadi salah satu opsi kegiatan yang bisa dilakukan di sini.

Palembang, Ibu Kota Sumatera Selatan, terkenal dengan Sungai Musi yang memiliki panjang sekitar 750 meter. Sungai ini membelah Kota Palembang menjadi dua area, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Ikon kota Palembang paling terkenal yaitu Jembatan Ampera, nampak megah dan gagah dengan warna merah yang menjadi penghubung antara Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Jika teman-teman berencana untuk berwisata ke Kota Palembang, jangan lupa untuk melihat secara langsung Sungai Musi dan Jembatan Ampera yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Palembang.

Palembang sebagai destinasi wisata yang sedang hits dan mulai harum namanya, tidak hanya menawarkan wisata sungai saja, melainkan banyak hal yang bisa diberikan seperti wisata kuliner, wisata religi, wisata sejarah dan wisata belanja.

Wisatawan yang datang ke Kota Palembang sangat beragam, tidak hanya perorangan saja melainkan juga bersama keluarga. Tidak usah merasa mati gaya bagi wisatawan yang datang bersama keluarga, Palembang memiliki banyak hal untuk wisata bersama keluarga terutama bagi “pahmud dan mahmud” (papah muda dan mamah muda) yang membawa anak-anak.

 Ada 5 tempat yang bisa dikunjungi bersama anak-anak dengan budget dan suasana yang ramah bagi anak-anak. Beberapa tempat wisata di bawah ini sering Pink kunjungi bersama keluarga besar termasuk keponakan-keponakan Pink yang lucu karena lokasinya di dekat rumah.

1. Kambang Iwak Family Park

Kambang Iwak Family Park dahulunya adalah tempat rekreasi warga Belanda yang tinggal di area sekitar taman ini. Sejak Indonesia merdeka pada tahun 1945, penduduk Belanda pun angkat kaki dari wilayah ini. Meskipun begitu, Kambang Iwak Family Park masih dilestarikan oleh pihak pemerintah setempat sebagai salah satu tempat rekreasi.

(sumber : Indonesia-tourismm.blogspot.com)

Di tempat ini, kita bisa berjalan-jalan mengelilingi kambang (kolam), duduk santai memandangi keindahan kolam, berolahraga seperti jogging, melihat komunitas skate board beratraksi di sore hari atau wisata kuliner di sore hari.

Setiap sore di sekitar Kambang Iwak Family Park banyak penjual jajanan kaki lima yang berjualan dengan banyak sekali variasi makanan yang enak dan kekinian. Anak-anak pasti senang bisa jajan sambil duduk di tepi kolam di Kambang Iwak Family Park.

Hari Minggu pagi adalah waktu terbaik bagi keluarga untuk mengunjungi Kambang Iwak Park karena tempat ini menjadi area Car Free Day (CFD) dimana banyak keluarga datang ke sini untuk berolahraga. Kita bisa senam pagi atau jogging bersama mengelilingi  Kambang Iwak. Banyak hiburan dan permainan yang bisa anak-anak lakukan di sini seperti bermain dengan beberapa wahana anak-anak yang disediakan di taman, mancing bola, atau bermain dan berfoto bersama badut-badut lucu.

Kalau anak-anak merasa lapar, tidak usah khawatir, banyak sekali makanan yang dijajakan di Kambang Iwak Family Park seperti bubur ayam, martabak, pempek, nasi uduk dan masih banyak lagi. Sebelum pulang, bapak dan ibu bisa membelikan mainan untuk anak-anak karena banyak sekali mainan yang dijual di sini.

2. Taman Wisata Alam Puntikayu

Jika teman-teman ingin bersantai di hutan wisata di Palembang bersama dengan keluarga, silakan datangi Taman Wisata Alam Puntikayu. Taman Wisata Alam (TWA) Puntikayu terletak di Jalan Kolonel H. Burlian kilometer 6,5, Palembang, Sumatera Selatan.

Sumber : pergiberwisata.com

Di TWA Puntikayu, kita bisa menikmati indahnya hutan pinus yang menghijau dan menyegarkan. Selain itu, anak-anak akan terhibur dengan adanya fasilitas arena hiburan anak yang sangat menarik, seperti arena permainan flying fox, waterpark, dan beragam hiburan anak lainnya.

3. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Nah, jika kita ingin mengajak keluarga ke objek wisata sejarah, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II layak untuk dikunjungi. Di museum ini, terdapat beragam peninggalan sejarah yang berkaitan dengan Kota Palembang.

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II terletak di tepian Sungai Musi, tepatnya di Jalan Sultan Mahmud Badaruddin, 19 ilir, Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan atau lebih mudah ditemukan jika lokasinya disebut di dekat Plaza Benteng Kuto Besak (BKB). Beragam koleksi bersejarah seperti koleksi patung Buddha kuno dan foto prasasti Kedukan Bukit dapat Anda temukan di museum ini.

Berkunjung ke museum merupakan wisata edukasi yang baik kepada anak-anak agar mereka mencintai sejarah dan budaya bangsanya dengan mengenalkan peninggalan sejarah dan kisah dibaliknya sejak mereka masih kecil.

4. OPI Water Fun

Pengen seru-seruan main air bareng dengan keluarga dan anak-anak, tenang saja Palembang punya objek wisata main air yang pastinya seru yaitu OPI Water Fun. Setiap hari tempat main air ini ramai dikunjungi karena menawarkan pengalaman main air yang seru dan lokasi yang dekat dengan pusat kota.

Di sini, anak-anak bisa menikmati kesegaran air di beragam arena permainan air, seperti luncuran air, sungai buatan, kolam renang khusus anak, dan menara luncuran setinggi 12.5 meter untuk dewasa. Jika Anda berminat untuk menyambangi objek wisata tirta ini, jangan lupa untuk menyiapkan kondisi tubuh yang sehat ya.

OPI Water Fun akan menjadi destinasi yang tepat untuk mengisi liburan keluarga dan anak-anak di Palembang. OPI Water Fun terletak di Jalan G.A. Bastari Kompleks OPI Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

(sumber : opiwaterfun)

5. Masjid Cheng Ho

Bagi keluarga yang ingin menikmati wisata religi,  cobalah untuk datang ke Masjid Cheng Ho. Masjid yang terletak di Jakabaring ini merupakan masjid yang menggabungkan nuansa budaya Palembang, Arab, dan Cina. Nama masjid ini diambil dari nama salah satu penyebar agama Islam di Palembang, yaitu Laksamana Cheng Ho.

Masjid Cheng Ho Palembang

Nah, itulah 5 objek wisata ramah anak di Palembang. Duh jadi pengen punya anak, yhaaa…buru-buru Pink cari calon  pak suami, apalagi sebentar lagi lebaran, bakal banyak yang nanya kapan nikah? dan setelah lebaran adalah musim kawin dimana undangan kawinan mulai berdatangan huahahaha.

Berwisata ke Palembang tak akan lengkap jika teman-teman tidak bermalam di kota ini. Jangan khawatir, telah hadir beragam hotel murah di Palembang, salah satunya adalah Airy Rooms.

Jaringan hotel terbesar di Indonesia ini bisa dipesan melalui aplikasi ponsel dan bisa dibayar melalui kartu kredit, transfer dari rekening tabungan Anda, atau bayar di Indomaret terdekat. Selain itu, hotel murah ini memiliki banyak fasilitas menarik, seperti kamar yang nyaman dengan Air Conditioner, televisi layar datar, WiFi, dan perlengkapan mandi.

Tunggu apalagi, segera cuss jalan-jalan ke Palembang.

Happy Travelling 🙂

 

Iklan

36 tanggapan untuk “5 Objek Wisata Ramah Anak di Palembang

  1. Selama tinggal di sumatera saya alhamdulillah sudah berkunjung ke smeua propinsi kecuali Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, tapi setelah baca ini jadi penasaran dengan Palembang dan objek wisata museum nya seperti nya sangat menarik sekaligus ada Mesjid Cheng Ho nya juga ya tenyata di sana, terima kasih mbak udah kasih referensi kunjungan ke Palembang

    Disukai oleh 1 orang

  2. Sebenarnya lebih banyak lagi sih mbak, cuma dipilih yang lokasinya dekat dengan pusat kota, secara Palembang macet dimana-mana karena pembangunan LRT. Beberapa tempat diatas malah deket banget dengan rumah

    Suka

  3. Berarti kalo ke palembang pertama memang kudu ke sungai musi ya. Jembatan ampera, pulo kemaro dg pagodanya dan tentu saja kampung arab al munawarnya sudah dimasukin list. Tapi gatau kapan kesananya 😆

    Disukai oleh 1 orang

  4. April kemaren, aku mengunjungi Pulau Kemaro, naik perahu ketek, baliknyo singgah ke masjid Cheng Ho, alhamdulillah sholat Ashar di masjid itu. Sangat terkesan👍

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s