Beranda · Destinasi · kuliner · TIPS

Panduan Traveling Ke Bangkok Untuk Muslim

Bangkok merupakan salah satu destinasi traveling favorit orang Indonesia karena bisa puas belanja dengan harga sangat murce alias murah banget. Di tempat-tempat shopping di Bangkok loe bakalan sering ketemu orang Indonesia yang kalap belanja.

Bukan cuma belanja sih andalan pariwisata Bangkok, ada banyak hal yang ditawarkan Bangkok sebagai destinasi wisata dunia. Memang negara Thailand itu siap banget menerima turis sehingga bisa mengemas tempat wisata yang biasa menjadi hits.

Mereka tau cara jualan dan menarik pembeli untuk datang, sehingga traveler dengan latar belakang agama apapun atau malah tidak beragama, jomblo atau merid, lurus atau belok orientasi seksualnya, semua diterima di Bangkok. Yang jelas kamu nggak bakal ditanya agama loe apa atau kapan nikah? .

Setiap kali traveling ke destinasi dimana muslim manjadi minoritas, banyak sekali pertanyaan yang ditanyakan ke Pink selain pertanyaan dapet cowok nggak di sana. Beberapa pertanyaan yang ditanyakan misalnya perkara makanan halal dan tempat sholat. Sejauh ini gue nggak pernah mengalami kendala soal makanan halal karena gue omnivora alias pemakan segala wkwkwk.

Saat gue traveling ke negara asing dan aseng, biasanya gue mengandalkan buah-buahan sebagai makanan pokok seperti pengalaman gue di Beijing, selain buah, gue sengaja membawa mie instan dari tanah air, favorit gue mie gelas karena nggak perlu dimasak, cukup modal air panas yang bisa didapat dengan mudah di hostel.

Lha itu kan gue, orang lain belum tentu bisa sama cara hidupnya, apalagi kalau biasa traveling dengan kenyamanan yang lebih, ya wassalam deh dengan gaya traveling gue.

Berikut ini gue tulis panduan untuk menikmati Bangkok bagi traveler muslim biar jalan-jalannya terasa nikmat dan berkah karena tetap mengikuti syariah #benerinhijab.

Sholat Dan Tempat Sholat

Sebagai muslim, perkara tempat sholat ini yang membuat sering kepikiran selagi traveling karena masjid atau mushola tidak gampang ditemukan seperti di Indonesia, namun gue membuat list beberapa masjid atau mushola di beberapa tempat di Bangkok sekalian wisata religi.

Biasanya sebelum gue keluar dari hostel menuju tempat wisata gue membuat rencana dulu akan sholat dimana, jika masjid jauh maka gue akan sholat di hostel secara jamak sehingga perlu mengatur waktu dengan baik.

Kalau gue keluar pagi, maka sore gue harus balik ke hostel untuk menjamak sholat Zuhur dengan Asar di waktu Asar atau balik ke hostel siang untuk sholat Zuhur lalu tidur siang sampe sore, setelah sholat Asar baru keluar lagi untuk jalan-jalan kemudian pulangnya malam sekitar jam 9 atau 10 malam. Sholat Magrib dan Isya dijamak diwaktu Isya setelah balik ke hostel.

Intinya bagaimana loe bisa mengatur waktu dengan baik dan fleksibel dengan itenary, sholat nggak harus di masjid atau mushola, jika ketemu tempat yang kondusif  untuk sholat ya sholat saja atau pas lagi di jalan, waktu sholat udah masuk misal di bus atau di kereta api, silahkan sholat dengan tayamum jika tidak menemukan air wudhu.

Berikut ini gue tuliskan beberapa masjid dan mushola agar traveler bisa sholat dengan nyaman sekaligus wisata religi di Bangkok.

1. Masjid Darul Aman

Bagian Dalam Masjid Darul Aman Bangkok

Masjid ini terletak di dekat stasiun BTS Ratchathewi, turun dari stasiun ambil jalan ke kiri ke bawah flyover ke arah Phetchaburi Road nanti akan bertemu Bed Station Hostel, nah menyeberanglah jalan, lokasi masjid ada di Soi 7 (lorong 7), ditandai gapura berwarna hijau dengan tulisan masjid Darul Aman dan plang jalan Soi 7.

2. Masjid Ban Oou

Masjid ini berada di dekat stasiun BTS Saphan Taksin, di sebuah lorong yang terletak di belakang Robinson Departemen Store, letaknya diujung lorong yang tembus ke arah jalan menuju hotel Shangrila.

Dispenser Air Minum Di Masjid

Di masjid, gue minum air dingin sepuasnya karena disediakan dispenser air dengan tombol air dingin dan hangat, setelah itu gue juga mengisi botol-botol minum yang gue bawa dengan air dingin. Lumayan hemat beberapa baht untuk budget air minum dengan sholat di masjid. Traveler bisa sholat di masjid ini jika berencana mengunjungi area sekitar BTS Saphan Taksin seperti Asiatique Riverfront atau naik kapal menuju beberapa wat di tepi sungai Chao Phraya.

3. Soi 3 dan 5 Sukhumvit

Soi 3 dan 5 terletak di dekat BTS Nana. Gue menganggap kedua soi (lorong) 3 dan 5 ini sebagai kampung Arab di Bangkok karena banyaknya restoran dan toko Timur Tengah berdiri di sini. Ada satu restoran yang memfungsikan lantai 2 sebagai mushola tempat sholat.

Restoran Di Lantai Satu dan Mushola Di Lantai Dua

Jadi traveler bisa mencari makanan halal di soi 3 dan 5, karena selain restoran, di lorong ini juga terdapat warung kaki lima yang halal.

4. Masjid Chakrabongse di Khaosan Road

Masjid yang dindingnya berwarna kuning ini terletak di dalam lorong sempit di sekitar area backpacker Khaosan Road.

Bagian Dalam Masjid Chakrabongse Khaosand Road

Kalau jalan-jalan atau menginap di area Khaosan yang ramai saat malam hari, traveler tetap bisa sholat di masjid. Lokasi masjid bukan di dalam Khaosan Road persis, melainkan traveler harus ke jalan besar utama ke arah pos polisi, belok ke kanan lurus saja menyusuri jalan besar tersebut, sekitar 200 meter nanti akan bertemu warteg di pinggir trotoar sebelah kanan dengan penjual memakai kerudung, masuk saja ke gang sempit di sebelah warteg tersebut, masjid Chakrabongse ada di ujung gang.

Rekomendasi gue kalau ke Khaosan Road yaitu mencoba Thai message karena harganya sedikit lebih murah dibandingkan tempat-tempat wisata lain di Bangkok, maklum di sini banyak tempat pijit sehingga harga sangat bersaing.

5. Mall MBK

Mall MBK Bangkok

Kalau belanja pasti sering kalap, alhasil sholat jadi entar-entar aja malah jadi ke skip saking lupa waktu dan lupa diri. Nah kalau belanja di kawasan Siam dimana ada beberapa mall di sini seperti Siam Centre, Siam Square, Siam Paragon dan MBK Mall maka traveler dapat sholat dulu di MBK Mall lantai 5 dan 6, lantai 5 untuk cewek dan lantai 6 untuk cowok.

Lokasi Mushola Di Lantai 5, Perhatikan Sign Board nya
Sign Board Mushola
Mushola Cewek Di Lantai 5, Di Lantai 6 Mushola Cowok, Naik Satu Tangga Lagi
Bagian Dalam Mushola Cewek

Lokasinya ada di ujung lantai 5 di dekat toko jam dan toko baju. Terdapat sign atau tanda adanya mushola di lantai 5 ini. Musholanya tidak begitu luas tetapi nyaman, bersih, dingin ber-AC, ada tempat wudhu dan mukenanya harum (jarang lho menemukan mukena yang bersih dan harum di mall di Indonesia).

Hotel dan Hostel

Banyak pertimbangan saat traveler memilih hotel atau hostel, sebagai muslim tentu saja pertimbangan utama di dekat hostel atau hotel banyak yang menjual makanan halal agar traveling lancar dan perut kenyang.

Berikut ini gue jelaskan beberapa area di Bangkok yang bisa traveler muslim jadikan pertimbangan tempat untuk memilih hostel atau hotel

1. Sukhumvit

Sukhumvit merupakan area yang happening banget karena dipenuhi oleh restoran-restoran dan tempat nongkrong yang kekinian karena wilayah ini dihuni oleh ekspatriat sehingga banyak hotel, cafe dan club dipenuhi oleh bule-bule dari berbagai negara.

Suasana Ramai Di Area Sukhumvit

Banyak sekali hostel dan hotel berdiri di daerah ini, tinggal menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Pengalaman gue menginap di Fun Wan hostel yang harganya murah tetapi jatuhnya menjadi mahal karena biaya hidup di area ini tergolong tinggi, sebagai patokan laundry saja sekilo tanpa disetrika harganya sekitar 100 B atau lebih dari 30 ribu.

Kalau budget bukan masalah, maka tinggal di Sukhumvit bakalan nyaman banget terutama untuk muslim karena banyak restoran Arab dan beberapa tempat makan muslim kaki lima berdiri di area Sukhumvit terutama di soi 3 dan 5.

2. Saphan Taksin

Di area stasiun BTS Saphan Taksin juga terdapat beberapa hostel dan hotel besar seperti hotel Shangrila. Area ini bisa traveler pilih karena lokasinya strategis yang dekat dengan berbagai area tempat wisata, tempat belanja dan akses berbagai macam jenis kendaraaan seperti BTS, kapal/perahu dan juga bus.

Bagi traveler pemula dengan budget terbatas, gue sarankan untuk menginap di Glur Hostel karena harganya terjangkau, lokasi strategis dan dekat dengan masjid maupun tempat makan halal.

3. Petchaburi Road

Di area ini juga bertabur hostel dan hotel karena dekat dengan beberapa bangunan penting seperti Kedutaan Indonesia, Masjid Darul Aman dan tempat belanja seperti Pratunam Market dan Platinum Fashion Mall. Jalan ini juga mudah sekali diakses dengan BTS, traveler bisa berhenti di stasiun Ratchathewi atau Phaya Thai.

Jika memilih lokasi ini sebagai tempat menginap, maka traveler akan memiliki beberapa keuntungan yaitu mudahnya mendapatkan makanan halal, bisa sholat dan mengisi air minum di masjid dan berbelanja.

Makanan Halal

Soal makanan ini yang paling sering bikin traveler senewen, terutama bagi muslim yang wajib makan makanan halal, rasanya enak dan harganya terjangkau karena suka atau tidak suka makanan halal cenderung lebih mahal harganya.

Kalau gue sendiri nggak pernah bermasalah dengan perkara makanan karena gue bisa kenyang dengan hanya makan buah dan mie instant yang dibawa dari Indonesia (anaknya emang gampangan hehehe).

Tapi kondisi gue itu belum tentu berlaku untuk orang lain yang mungkin baru merasa kenyang kalau udah makan dengan nasi dan lauk-pauknya. Selain itu, traveler juga pengen mencicipi jajanan lokal tapi dengan status halal dan thoyib.

Nah ini tempat-tempat dimana bisa ditemukan makanan halal yang harganya terjangkau dan rasanya enak karena emang gue udah coba.

1. Area Sukhumvit

Di area dimana banyak ekspatriat ini, menemukan restoran Timur Tengah bukanlah hal sulit tetapi harganya bisa tiga sampai lima kali lipat dari makanan kaki lima. Kalau budget nggak jadi masalah sih nyantai aja makan di area Sukhumvit ini.

Warteg Yang menjual Makanan Di Mobil Pick Up
Pedagang Nasi Kaki Lima dan Bakso Kaki Lima
Sore Hari Sudah Tutup

Nah ada dua soi (lorong) yang udah jadi little Arab saking banyaknya toko dan rumah makan Arab di kedua soi yaitu soi 3 dan soi 5. Di kedua lorong ini terdapat warteg yang menjual nasi dan lauk-pauk menggunakan mobil pick up dan makanan kaki lima yang murah meriah seperti mie bakso, martabak dan buah-buahan.

2. Area Saphan Taksin

Patokan area Saphan Taksin ini adalah Robinson Departemen Store, setelah turun dari BTS Saphan Taksin loe bisa ambil jalan ke kiri, nanti loe bakal ketemu Seven-Eleven yang nggak bangkrut kayak di Indonesia, nah di samping Sevel ini ada warung mie yang enak dan seger banget. Warung mie ini sudah buka mulai jam 10 pagi jadi bisa sarapan di sini, harga mienya murah banget sekitar 40 baht.

Pedagang Mie Halal
Mie Favorit, Pasti Mampir Ke Sini Kalau Ke Bangkok

Di basement Robinson Department Store terdapat Bangrak Food Centre, semacam foodcourt yang menjual berbagai makanan dan minuman dengan harga yang sangat terjangkau sekitar 50 baht. Di dalam foodcourt ini terdapat dua kedai muslim dengan penanda halal di poster makanannya.

Salah Satu Tenant FC Yang Menjual Makanan Halal

Makanan yang dijual di dua kedai muslim tersebut adalah makanan khas Thailand seperti Tom Yam, nasi goreng nanas, nasi goreng kari, nasi putih dan berbagai jenis lauk dan sayuran. Pokoknya bakalan kenyang banget karena porsinya juga besar. Puas-puasin deh makan makanan Thailand di sini.

3. Mall MBK

Di lantai lima dan enam mall MBK terdapat foodcourt (FC) yang beberapa kedainya menjual makanan halal tetapi harga makananannya sekitar 150 baht, tiga kali lipat lebih mahal dari makanan kaki lima tetapi porsinya besar. Yang pernah gue cobain di foodcourt ini makan Tom Yam, masih banyak beberapa jenis makanan lain seperti makanan Arab, makanan Melayu Indonesia atau Malaysia dan juga makanan Thailand.

Tom Yam Di Salah Satu Tenant Halal

Cara membeli makanan di FC ini dengan membeli kartu dan mengisinya dengan sejumlah uang nanti ketika mendatangi kedai, kartu kita akan di tap dan berkuranglah saldo di kartu. Setelah selesai makan kartu dapat ditukar dengan uang kembali jika masih sisa saldonya.

4. Platinum Fashion Mall

Produk-produk fashion di Platinum Mall memang keren dan trendy dengan harga terjangkau, jadi wajarlah jika mall ini ramai dikunjungi turis termasuk turis dari Indonesia. Saking niat banget belanja sampai bawa koper segala. Jadi nggak perlu heran kalau melihat orang-orang seliweran belanja sambil menggeret koper.

Belanja juga bikin capek, haus dan lapar. Tenang saja nggak usah panik, segera cari lift trus naik ke lantai enam karena di lantai tersebut ada foodcourt besar. Setelah keluar dari lift, pengunjung akan melihat parkiran mobil, ikuti saja penunjuk arah menuju FC.

FC Lantai 6 Di Platinum Fashion Mall

FC di lantai enam Platinum Mall ini sangat besar, banyak sekali tenant makanan yang berjualan dengan variasi makanan yang sangat banyak. Beberapa diantaranya menjual makanan halal, silahkan pilih yang mana yang disukai yang sesuai dengan budget.

5. Area Masjid Darul Aman

Kalau mau hunting makanan halal yang paling gampang memang mendatangi area masjid karena umumnya di dekat sana terdapat komunitas muslim yang juga berjualan makanan halal. Begitu juga di area sekitar Masjid Darul Aman.

Warteg Di Lorong Masjid Darul Aman Bangkok

Pokoknya di area ini surga banget bagi traveler buat makan, terutama yang duitnya cekak karena di sepanjang jalan di dekat Masjid Darul Aman berserakan warung kaki lima dan warteg yang berjualan makanan halal dengan beragam jenis yang harganya murah, ditambah lagi terdapat pasar tradisional di dekat masjid yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Makan Di Kaki LIma Soi 7

Di tempat inilah gue membeli sampe beberapa gelas Thai Iced Tea karena harganya hanya 15 baht segelas besar yang bisa dibawa pulang hehehe. Walaupun sudah makan siang di sini, gue membeli beberapa lauk dan nasi yang dibungkus terpisah untuk makan malam (ogah rugi, mumpung murah).

6. Chatuchak Weekend Market

Pasar di Bangkok yang buka di hari Sabtu dan Minggu ini sangat terkenal di kalangan traveler karena luas banget sampai berhektar-hektar. Satu hari dari pagi sampai sore keliling pasar ini nggak bakal selesai karena saking luasnya. Gue udah dua kali ke pasar Chatuchak dan jajan makanan di sini sangat menyenangkan karena banyak yang jualan makanan enak-enak.

Salah Satu Lorong Yang Menjual Makanan Halal

Bagi muslim nggak usah takut nggak bisa makan kalau kelaperan di sini karena ada lorong yang menjual makanan halal di Chatuchak, lokasinya di dekat toilet pertama di jalan paling besar sebelum masuk ke los pasar. Warung-marung makan di sini menjual nasi dan lauk-pauk yang bisa dipilih sendiri, juga ada sambel terasi dan lalapan. Harganya murah sekitar 50 baht untuk nasi beserta lauk dan sayuran.

The Best Mango Sticky Rice Di Chatuchak Weekend Market

Kalo favorit gue jajan mango sticky rice dan coconut ice cream di Chatuchak Weekend Market. Apakah kedua makanan tersebut halal? Gue cukup baca bismillah sebelum makan karena kalau dilihat dari komposisi bahannya, gue tidak mencurigai ada yang tidak halal dari kedua makanan tersebut, tapi buat loe yang ragu mending nggak usah dimakan. Tinggalkanlah perkara yang membuatmu ragu.

7. Or Tor Kor Market

Nah di belakang Chatuchak Weekend Market terdapat pasar induk yang bernama Or To Kor Market. Kalau Chatuchak bukanya cuma pas weekend, pasar ini buka setiap hari. Or To Kor market ini pasar induk yang bersih dan nyaman sekali untuk pengunjung berbelanja.

Pedagang Makanan Halal Di Or To Kor Market

Seperti pasar induk pada umumnya yang dijual di sini sangat beragama seperti hasil laut, buah, sayuran dan makanan. Terdapat foodcourt juga di pasar ini, pengunjung bisa memilih makanan yang ingin dimakan. Gue menemukan satu penjual berkerudung yang menjual minuman dan makanan semacam roti tisu di pasar ini. Gue jajan Thai Ice Tea dan buah-buahan di pasar ini terutama duriannya yang sangat menggoda.

8. Supermarket dan minimarket

Di minimarket dan supermarket banyak makanan kering yang berlogo halal. Gue belanja mie instan berlogo halal di supermarket Big C (di depan Central World Mall) lalu menyeduhnya di hostel yang ada fasilitas air panas, sementara di Sevel gue membeli nasi putih, roti tawar, sari buah dan nasi sayur berlogo vegetarian.

Beli Mie Instant Di Supermarket Dengan Label Halal

Kalau hostel tempat menginap menyediakan dapur, loe bisa masak dengan membeli bahan-bahan masakan di pasar kaki lima yang sering ditemui di seantero Bangkok.

Semoga yang gue tulis ini bisa jadi bahan referensi traveler yang muslim untuk tetap menikmati traveling di Bangkok tanpa khawatir nanti mendapatkan kesulitan untuk sholat dan makan makanan yang halal.

Percayalah Tuhan bersama para musafir dan memudahkan perjalanan mereka.

Happy Traveling πŸ™‚

Iklan

30 tanggapan untuk “Panduan Traveling Ke Bangkok Untuk Muslim

  1. Buah2an bisa jadi cadangan sih, kalo memang agak kesulitan nyari makan. Aku sendiri selama ini bawa beberapa butir apel atau pir, buat jaga2 susah cari makan yg pas di lidah maupun di kantong hahaha.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s