Beranda · Destinasi

Mengapa Nusa Penida?

39273837
Pantai Uug Nusa Penida Bali (credit pic: http://www.nusapenida.com)

Menyebut nama Bali, ingatan saya terlempar ke beberapa tahun lalu saat backpacking melalui jalur darat bersama seorang sahabat baik. Kala itu kami menghabiskan senja di Pantai Kuta yang jingga merona. Sejak saat itu, saya berjanji akan kembali lagi ke Bali suatu hari nanti untuk menikmati keindahan Pulau Dewata ini lebih lama.

Melakukan traveling lewat darat seperti pengalaman yang pernah saya lakukan bersama sahabat yang dimulai dari kota Jakarta hingga sampai ke Bali dengan berganti-ganti transportasi, tentu saja cara ini menghabiskan banyak waktu dan energi. Kerepotan melakukan perjalanan lewat darat yang menguras emosi pernah saya curhatkan di sini sehingga membuat saya berpikir dua kali jika ingin mengulangi rencana yang sama lagi karena kelelahan di perjalanan dan terbatasnya waktu cuti membuat kami tidak bisa mengeksplorasi Bali dengan maksimal. Kami hanya sempat mengunjungi tempat-tempat yang sudah terkenal di kalangan turis domestik dan internasional yaitu area Kuta, Legian dan Ubud.

Pulau Bali itu luas dan banyak sekali tempat-tempat indah yang bisa dikunjungi yang belum terlalu ramai oleh turis. Saya ingin menikmati sunset di pantai tanpa ratusan turis tumplek blek di bibir pantai, pedagang asongan yang seliweran menawarkan gelang atau suvenir padahal baru saja saya duduk di pasir pantai untuk leyeh-leyeh ataupun kemacetan sepeda motor di area Kuta saat malam minggu.

Untuk rencana traveling berikutnya, jika berkesempatan ke Bali, saya memilih ingin mengunjungi Nusa Penida karena saya penyuka pantai. Ditambah lagi saya senang memandangi matahari terbenam berlama-lama dari bibir pantai dengan semburat langit yang dipenuhi berbagai gradasi warna jingga, emas dan bahkan merah muda. Tentu saja warna senja tidak pernah sama setiap harinya sehingga selalu mampu membius para pujangga untuk menuliskan kisah-kisah romansa terkait senja.

Nusa Penida merupakan pulau cantik di Bali yang bisa memberikan pengalaman traveling yang istimewa kepada para traveler baik itu solo traveler seperti saya ataupun group traveler yang beramai-ramai bahkan untuk couple traveler yang sedang menikmati honeymoon. Jangan galau di sini meskipun pergi sebagai solo traveler, siapa tahu di tempat romantis ini kita dapat bertemu si dia yang ada di dalam doa πŸ™‚

Nusa Penida terletak di antara dua pulau indah yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan sehingga jika saya ke Nusa Penida maka bisa sekalian mengunjungi dua pulau lainnya, apalagi ketiga pulau ini pemandangannya spektakuler.

Mengapa saya ingin traveling ke Nusa Penida? jawabannya karena Nusa Penida menawarkan banyak hal untuk saya eksplorasi. Nusa Penida tidak hanya menawarkan keindahan alam yang masih alami tapi juga keindahan adat budaya serta kearifan lokal masyarakatnya adalah tiga hal yang tidak bisa dipisahkan dari Bali.

Pulau di wilayah tenggara Bali dan masuk wilayah Kabupaten Klungkung ini memiliki banyak batu karang, tebing dan perbukitan yang membuat suasana di pulau ini unik dan eksotis. Beberapa list tempat wisata yang menjadi destinasi untuk dikunjungi traveler yaitu:

1. Pantai Uug (Pasih Uug) atau Broken Beach

SAM_9733
Pasih UUg atau Broken Beach (credit pic: cumilebay)

Pantai Uug atau lebih dikenal dengan nama Broken Beach, karena tebing batu yang bawahnya tergerus air hingga membentuk lubang seolah-olah terbentuk dua tebing batu yang terdapat terowongan diantara keduanya sehingga sekilas tampak kalau pantai ini terbelah jadi dua.

2. Angel’s Billabong

Merupakan sebuah kolam atau genangan air yang terbentuk oleh karang-karang di tepi laut yang dapat kita nikmati untuk berenang ataupun berfoto-foto saat laut pasang. Pastikan kamu bisa berenang dan berhati-hati dengan karang jika ingin berenang di tempat ini.

3. Pantai Crystal Bay

2016_0912_17101900-01
Pantai Crystal Bay (credit pic: Takdos)

Pengen leyeh-leyeh di tepi pantai yang tidak ramai sambil menunggu matahari tenggelam, pergilah ke pantai ini di sore hari saat udara sudah adem, secara pulau ini panas banget. Dinamakan Pantai Crystal karena air lautnya yang jernih sebening kulit Krystal salah satu personel girlband KPop f(x), enggak ding bercanda itu saking beningnya air laut di pantai ini jadi mirip beningnya batu kristal gitu. Oleh karena itu di pantai ini disediakan peralatan diving dan snorkeling yang bisa disewa jika ingin menikmati keindahan alam bawah lautnya.

4. Pantai Atuh 

Pantai yang mirip-mirip dengan Raja Ampat atau Halong Bay karena dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi (kalaupun nggak mirip ya dimirip-miripin). Jadi kalau ke Raja Ampat masih jauh atau budget belum ada, kunjungilah pantai ini sambil berdoa semoga bisa ke Raja Ampat beneran setelah ke sini.

5. Goa Giri Putri (Karangsari atau Goa Karangsari)

Goa yang berlokasi di Desa Pakraman, Karangsari. Goa batu karang besar dengan stalagtit dan stalagmit indah, yang berjarak sekitar 4 kilometer dari utara Desa Suasana. Di dalam goa ini terdapat pura yang digunakan sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa sehingga pengunjung diharapkan memakai pakaian yang tertutup atau bisa menyewa sarung yang disediakan di sini. Goa ini merupakan goa yang memiliki pengaruh yang kuat bagi masyarakat Bali dan juga di dalamnya terdapat aliran air yang dianggap air suci bagi masyarakat. 

6. Hutan Tembeling 

Tembeling adalah hutan hujan yang masih terdapat di Pulau Nusa Penida dengan karakteristik hutan yang lebat daunnya, hijau dan lembab sehingga menjadi rumah bagi banyak spesies burung.  Nusa Penida merupakan tempat hidup atau habitat bagi beberapa spesies burung langka di Bali dan Indonesia. Contoh spesies yang terancam punah di Bali yaitu Bali Starling (Leucopsar rothschildi).

Selain enam hal tersebut , tentu saja Nusa Penida masih memiliki hal lain selain wisata alam yaitu festival budaya, berbagai lomba perahu atau sampan dan juga penanaman terumbu karang.

Karena masih jarang turis yang datang ke sini, maka saya bisa puas mengeksplorasi pulau ini dan siapa tahu menemukan tempat-tempat tersembunyi yang belum banyak didatangi turis sehingga ada kepuasan tersendiri jika berhasil mengabadikannya ke dalam foto-foto perjalanan.

Bagaimana cara menuju Nusa Penida?

Diperlukan sedikit usaha untuk pergi ke Pulau Nusa Penida tapi jangan khawatir apa yang traveler dapat sebanding dengan usaha yang dikeluarkan. Traveler dapat dapat memilih beberapa alat transportasi untuk menuju Nusa Penida.

Dari Pantai Sanur, traveler bisa menyewa jukung atau kapal tradisional. Jukung akan membawa kita menuju Nusa Penida dalam waktu sekitar 2 jam. Jika ingin sampai ke Nusa Penida lebih cepat, kita bisa menggunakan speed boat dengan waktu tempuh 45 menit. Tentu saja naik speed boat lebih mahal dibandingkan naik kapal tradisional.

Karena keindahan Nusa penida yang memikat, membuat saya tidak sabar untuk merencanakan perjalanan ke Bali kembali namun masalahnya adalah budget saya yang terbatas sebagai solo traveler.

Karena traveling sudah menjadi passion maka selalu ada jalan untuk mewujudkannya karena banyak promo dan paket wisata menarik yang ditawarkan oleh salah satu online travel agent favorit saya yaitu Traveloka. Selain dapat memesan tiket pesawat lewat Traveloka, sekarang traveler dapat memesan tiket pesawat dan kamar hotel sekaligus untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Dengan memesan keduanya dalam bentuk paket, perencanaan traveling menjadi lebih efektif dan efisien dan juga meminimalkan drama-drama persiapan sebelum traveling yang menguras emosi karena urusan booking tiket pesawat dan hotel selesai dalam satu waktu dengan harga yang lebih murah. Traveler juga bisa memilih berbagai paket wisata traveloka, dan memodifikasi sesuka hati untuk mendapatkan kombinasi yang traveler inginkan.

Saya sendiri sudah install apps Traveloka di hape android biar lebih gampang untuk booking dan mendapatkan harga yang lebih murah melalui promo-promo yang ditawarkan oleh Traveloka.

Bagaimana cara booking paket wisata via Traveloka?

Saya akan ke website Traveloka atau bisa juga ke apps Traveloka bagi yang sudah instal aplikasinya untuk hape Android maupun IOS. Setelah web atau apps Traveloka terbuka silahkan klik paket flights & hotel.

Nanti akan muncul tampilan seperti ini.

Clip

Tinggal ketik saja flight details mau berangkat dari kota mana, misalnya Kota Jakarta dengan tujuan Denpasar lalu silahkan masukkan tanggal berangkat dan jumlah orang yang akan traveling. Selanjutnya pilih hotel dimana kita akan stay selama traveling. Nusa Penida sudah bisa dipilih karena sudah banyak akomodasi yang tersedia di pulau tersebut. Lalu klik search, maka akan bermunculan list paket yang bisa dipilih dengan beragam harga, sebagai budget traveler tentu saja list ini saya sortir berdasarkan price low to high. Jelas saya akan mencari paket yang paling murah dari list yang disediakan, ya iyalah ya namanya juga budget traveler kecuali nanti pas perginya honeymoon sama suami maunya bukan paket yang budget biar bisa mesra-mesraan maksimal, nggak kalah sama hot couple Raisa dan Hamish hahaha.

Don’t worry be happy. Dengan adanya paket flights & hotel dari Traveloka menjadikan proses booking tiket pesawat dan hotel menjadi lebih praktis karena dilakukan sekali waktu dan pilihan list yang banyak ditambah potongan harga yang lumayan bisa berhemat sehingga kelebihan uangnya bisa dipakai untuk menikmati kuliner atau shopping selama di Bali.

Happy Traveling πŸ™‚

Iklan

26 tanggapan untuk “Mengapa Nusa Penida?

  1. Kalau lihat foto2 yang seliweran di IG, Nusa Penida ini emang kece banget. Kalau berkesempatan ke Bali, maunya ke sana (aja). Eh tambah Ubud deh hehe.

    Traveloka ini emang jempolan, sangat mempermudah urusan jalan-jalan.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Aku dah pernah kesana emang bgus bgt, cuma sayang akses jalan kesana agak susah, krn jalanan msh sepi, sempit&bebatuan. Klo mo ksana mending sewa tour guide aja biar lebih aman. Tapi worth it-lah, Difficult road often leads a beautiful destination

    Disukai oleh 1 orang

  3. Pengin ke Nusa Penida lagi, Mbak. Terakhir ke sana belum sempat menikmati alamnya. Pulau itu memang lengkap banget. Meski tak seberapa besar, lansekap alam, sejarah, dan religinya sangat unik dan kaya cerita. Sepertinya kalau ke sana dewasa ini sudah jauh lebih mudah, ya. Sudah bisa pesan penginapan langsung di sana. Apalagi kalau pelayaran ke sana sudah sangat mudah, wah menyenangkan banget. Bisa puas eksplorasi di sana, hehe.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s