Hotel Ibis Adisucipto: Hotel Istimewa Di Pusat Kota Yogyakarta

IMG_20180215_103506-01
Kamar Hotel Ibis Adisucipto dengan desain modern minimalis

Salah satu hal yang menyenangkan namun ribet dalam persiapan sebelum traveling itu adalah memilih akomodasi, secara budget akomodasi ini mengambil porsi yang besar dalam anggaran traveling keseluruhan disamping tiket pesawat.

Banyak hal yang dipertimbangkan sebelum memutuskan akan tinggal di hotel mana selagi traveling. Pas hunting hotel di berbagai website online travel agent, banyak sekali hotel yang bisa dipilih sesuai keinginan. Pusing ya musti pilih yang mana karena tiap hotel memiliki keistimewaan sendiri.

Sebagai traveler yang memiliki budget terbatas, tentu saja hal pertama yang jadi pertimbangan saya dalam memilih hotel adalah harganya. Tentu saja saya ingin menginap di hotel yang memberikan kemanjaan maksimal dengan harga terjangkau di kantong.

Hotel Ibis masuk kategori hotel pilihan karena saya pernah memiliki pengalaman berkesan menginap disalah satu jaringan hotel Ibis yaitu Ibis Style Malioboro Yogyakarta. Selain Ibis Style, masih ada dua hotel Ibis lainnya di kota Yogya yaitu Ibis Malioboro dan Ibis Adisucipto.

Beberapa kali saya ke Yogya, saya menginap di hotel di area Malioboro, maka selanjutnya saya ingin mencoba menginap di area lain yang tidak hanya berada di kawasan Malioboro yang ramai.

Berhubung sekarang saya tinggal di Yogya dan sering diminta merekomendasikan hotel ke teman-teman dan saudara, maka dengan senang hati saya akan merekomendasikan ke teman-teman dan keluarga untuk menginap di Hotel Ibis Adisucipto Yogyakarta, hotel istimewa di pusat kota Yogya.

Ada beberapa alasan yang menjadikan Hotel Ibis Adisucipto layak direkomendasikan sebagai pilhan akomodasi selama traveling di Yogya. Beberapa alasan tersebut akan saya ulas agar traveler bisa mempertimbangkan akomodasi yang dipilih dengan budget berjumlah sekian,  apa saja yang akan didapat agar travelingnya menyenangkan tanpa drama salah memilih hotel, padahal sudah keluar biaya yang cukup besar untuk akomodasi yang berujung mood rusak selama traveling.

Apa saja keistimewaan Hotel Ibis Yogyakarta? Sila dibaca sampe ke bawah ya gaes:

Lokasi strategis

Lokasi Hotel Ibis Adisucipto ini premium banget, berada di tengah kota dan dekat kemana aja. Mau ke Bandara Adisucipto kurang dari 10 menit dengan kendaraan bermotor, kepengen nonton bioskop di Cinemaxx dan belanja, tamu tinggal berjalan kaki saja karena Lippo Mall ada di samping hotel.

Masih belum puas belanja dan cuci mata, kita bisa ke Ambarukmo Plaza, mall paling hits di Yogya,  kurang dari lima menit berkendara dari hotel. Tapi kan nggak lengkap kalau ke Yogya tanpa mengunjungi kawasan Malioboro dan Tugu Yogya. Santai dan selow aja gaes, dengan kendaraan bermotor, lokasi tersebut dapat dijangkau dalam waktu sepuluh menit saja asalkan bensin diisi.

Jika ingin mencoba transportasi umum di Yogya yaitu Trans Yogya, di depan hotel Ibis ada halte trans Yogya yang melewati rute berbagai area penting yang ada di Yogya seperti Malioboro, Pasar Beringharjo, Keraton, Kotegede, UGM, terminal Giwangan, bandara Adisucipto dan tempat-tempat wisata lainnya.

Pengen nyoba jajan kuliner lokal di sekitar hotel, nah di seberang hotel Ibis kalau pagi hari ada penjual soto kaki lima sementara kalau malam warung tenda diseberang hotel menjual berbagai makanan berat yang bisa dipilih sebagai kuliner malam.

Mau nyoba tempat nongkrong yang asik terutama bagi pecinta kopi dan pengabdi selfie, di seberang hotel Ibis ada beberapa tempat ngopi atau coffee shop yaitu Hayati Coffee dan Kopi Ketjil.

Lokasi hotel yang strategis memberikan banyak manfaat bagi tamu hotel yaitu bisa menghemat waktu dan tenaga. Dengan menginap di hotel yang dekat ke berbagai destinasi wisata, bandara dan tempat belanja, tamu tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan dan masih memiliki energi yang bisa dipakai untuk hal lain.

Kalau saya terlalu capek malah menjadi sulit tidur, jangan sampai hal seperti ini terjadi karena bisa mengganggu mood traveling jika kurang tidur.

Fasilitas lengkap

Sebagai hotel bintang tiga, Hotel Ibis Adisucipto memiliki fasilitas yang lengkap bagi para tamu. Ada 16 ruang pertemuan termasuk ballroom untuk pesta pernikahan, tempat fitnes, spa, restoran dan kolam renang.

IMG_20180210_145722-01

Bagi saya yang senang berenang, kolam renang di hotel Ibis ini sangat menyenangkan karena lokasinya ada di lantai paling atas dan dekat restoran sehingga bisa sekalian menikmati sunset sore hari sambil berenang atau nongkrong di restoran.

IMG_20180210_144007

IMG_20180210_143303_HDR

IMG_20180210_142855_HDR

Ada 144 kamar dengan dua tipe yaitu superior king dan superior twin. Di dalam kamar terdapat toilet, lemari baju, TV flat, meja kerja, lampu baca dan water cattle beserta gelas, teh, kopi dan kawan-kawannya.

IMG_20180210_150817_HDR-01

IMG_20180210_150414-01
Personal care di dalam toilet yang disediakan hotel

Toilet di dalam kamar berisi closet, kaca besar dan shower, dimana tempat closet dan shower terpisah. Di dalam toilet juga disediakan personal seperti sabun, shower cap, sikat gigi dan lain-lain.

Desain dan konsep modern

Waktu pertamakali masuk ke dalam hotel, hal yang menarik perhatian saya adalah interior hotel yang didominasi warna merah cerah, dengan desain ruangan dan furnitur yang modern minimalis untuk memanfaatkan space yang terbatas dengan maksimal.

Meja resepsionis hotel sebagai tempat pertama tamu berinteraksi memiliki desain yang unik terutama dindingnya yang menggunakan sentuhan teknologi visual yang modern dan futuristik ditambah lagi busana resepsionis hotel juga stylish dan berjiwa muda. Saya suka sekali dengan desain meja resepsionis hotel Ibis ini sehingga sering saya pandangi berlama-lama.

IMG_20180210_145947_HDR-01

Kamar hotel juga di desain modern dan minimalis namun tetap terasa lega di dalam kamar karena penggunaan bentuk furnitur yang pas.

Bagian yang mencuri perhatian saya adalah adanya meja kerja di dekat jendela sehingga saya dapat membaca, menulis atau melamun di meja kerja sambil menatap pemandangan di luar jendela, apalagi jika hujan atau malam hari, membuat suasana menjadi manis dan romantis. Inspirasi bisa datang untuk menulis puisi atau draft blog saat suasana mendukung.

IMG_20180210_145938_HDR

Selain desain kamar, bagian yang menarik lainnya adalah desain toilet. Biasanya toilet desainnya ruangan kotak biasa tetapi di Hotel Ibis Adisucipto desain toilet berbentuk oval seperti telur yang jika dilihat dari luar seperti tidak ada toilet di kamar hotel ini, begitu pintu berbentuk oval dibuka, maka tampaklah closet, kaca besar dan ruangan shower di dalamnya. Ukuran toiletnya mungil tetapi lengkap di dalamnya.

IMG_20180210_150432-01

Kebersihan dan kerapihan terjaga

Hal penting yang saya perhatikan saat memilih hotel adalah tingkat kebersihan hotel tersebut, ini dapat dilihat dari review di web pemesanan hotel untuk nilai kebersihan. Selama saya berada di hotel Ibis, saya memperhatikan kebersihan dan kerapihan hotel ini terjaga, baik itu di kamar, di area lobby, restoran bahkan toilet semua bersih. Saya suka aroma pewangi di dalam toilet hotel Ibis, aromanya wangi khas seperti di tempat spa.

Beberapa kali saya melihat petugas kebersihan sedang membersihkan hotel di berbagai tempat, ditambah lagi sigap dalam merapikan tempat makan yang sudah tidak digunakan selagi saya sedang makan siang di hotel. Saya menghargai sekali usaha dari pihak hotel dalam menjaga kebersihan dan kerapihan hotel.

Pelayanan ramah

Saya merasakan keramahan pihak hotel yang dimulai dari meja resepsionis, kemudian pelayan restoran bahkan petugas kebersihan juga menyapa para tamu yang datang ke hotel. Meskipun hotel berlokasi strategis dengan fasilitas lengkap jika karyawan hotel tidak bersikap ramah dengan tamu maka tamu tidak akan datang kembali atau merekomendasikan hotel kepada keluarga atau teman-teman mereka.

Keramahan pelayanan sepertinya hal kecil namun berdampak besar bagi usaha yang bergerak dibidang hospitality. Tamu diperlakukan layaknya keluarga sendiri sehingga mereka akan datang kembali. Keramahan seperti ini yang diharapkan oleh tamu hotel. Hotel Ibis Adisucipto Yogya memberikan keramahan pelayanan yang memuaskan bagi saya.

Internet kencang

Sebagai pengabdi wifi kencang, syarat penting sebuah hotel asyik adalah fasilitas internet kencang karena memudahkan pekerjaan mobile saya. Meskipun sedang traveling kadang pekerjaan dan tugas kuliah mesti tetap saya kumpulkan dimanapun saya berada sehingga kebutuhan internet kencang sangat vital. Pernah saya seharian penuh hanya berada di hotel karena mengerjakan laporan penelitian yang harus dikumpul esok harinya dan saya mengandalkan komunikasi dan pengumpulan data penelitian dari teman-teman saya lewat internet. Kalau internet tidak kencang maka pekerjaan saya jadi terhambat.

Di Hotel Ibis Adisucipto internetnya kencang, saya mencobanya sewaktu berada di hotel, kegiatan saya bersosial media sangat lancar. Upload foto-foto kece di hotel lewat Intagram dan membuat instastory di tanpa buffer sehingga follower saya bisa ngeliat pengalaman saya menikmati hotel Ibis. Selain itu internet kencang dapat digunakan untuk berkomunikasi via whatsapp call atau video call dengan keluarga. Selama traveling jangan sampai tidak bisa menghubungi keluarga karena masalah nggak ada internet atau internet lemot.

Dengan adanya internet kencang, tamu hotel sangat terbantu baik urusan komunikasi, pekerjaan maupun sekedar update status di sosial media.

Makanan Enak

Saya makan siang ala buffet dan mencoba kudapan di Hotel Ibis Adisucipto. Variasi makanannya cukup banyak dan rasa makanannya juga enak. Hotel memadukan menu tradisional dan modern sehingga kita bisa memilih menu yang sesuai di lidah.

IMG_20180210_155606-01

IMG_20180210_151717-01

Saya suka sekali kudapan yang terbuat dari coklat di hotel Ibis, rasa coklatnya lezat dan pas di lidah saya. Saya sampai makan cake coklat lebih dari dua. Saya berpikir besok saja dietnya sist hehehe.

Harga terjangkau

Lokasi strategis, fasilitas oke tetapi harga mahal terkadang membuat saya mengurungkan menginap di sebuah hotel. Namun demikian Hotel Ibis Adisucipto Yogyakarta dengan segala keistimewaan yang saya ulas di atas menawarkan harga yang masih terjangkau di kantong saya. Harga hotel di rentang Rp 400-500 ribuan sepadan dengan keistimewaan yang dimilikinya.

Saya merekomendasikan untuk teman-teman yang ingin traveling ke Yogyakarta yang bingung mau menginap dimana karena banyaknya hotel yang ada di kota Yogya, kalian bisa mempertimbangkan untuk menginap di Hotel Ibis Adisucipto Yogyakarta dan momen traveling teman-teman menjadi memori istimewa dan tak terlupakan.

Kapan nih kalian main ke Yogya, Pink tunggu ya 🙂

Happy Traveling :)))

 

Iklan

18 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s