Mencicipi Selayang Pandang di Restoran Sekar Kedhaton Yogya

Kamis sore, saya diundang untuk dinner di Restoran Sekar Kedhaton Kotagede Yogyakarta. Perjalanan yang cukup panjang karena saya tinggal di daerah Pogung Sleman Yogya dan harus menembus beberapa titik kemacetan di kota Yogya saat jam pulang kantor. Begitu sampai di depan restoran, saya merasa exited karena tampak dari luar bangunan restoran ini memiliki bentuk yang unik, seperti istana raja.

Setelah masuk ke dalam restoran, saya merasa kagum dengan desain interiornya yang klasik, elegan dan tradisional Jawa. Saya mengamati kursi dan meja yang terbuat dari kayu, dinding dan tiang dengan ukiran dan motif khas Jawa, lampu-lampu etnik yang menerangi ruangan restoran dan hiasan-hiasan cantik yang dipajang di dalam restoran membuat saya tertarik untuk mengambil foto diri saat berada di dalam restoran.

Interior Restoran Sekar Kedhaton

Menu prasmanan disajikan di meja panjang kepada tamu undangan, makanan-makanan yang disajikan tampak lezat dari penampilannya. Terlihat ada sate lilit dan sambal matah khas Bali yang langsung mencuri perhatian. Kemudian saya bertanya-tanya di dalam hati, mengapa restoran khas Jawa menunya masakan Bali. Penjelasan dari manajer restoran menjawab pertanyaan di dalam hati saya, ternyata restoran Sekar Kedhaton sedang meluncurkan program baru yang diberi nama Selayang Pandang.

Menu Selayang Pandang dihadirkan kepada konsumen hanya setiap malam Minggu pada bulan November, untuk sementara ini ada empat menu berbeda bertemakan Nusantara yang disajikan setiap malam Minggu. Minggu pertama menu masakan dari Bali, kemudian minggu berikutnya dari Banjar, Sulawesi dan Sumatera. Berasa keliling Indonesia lewat makanan.

Menarik sekali program Selayang Pandang yang diluncurkan oleh Restoran Sekar Kedhaton ini. Tujuan dari peluncuran program ini untuk menyasar konsumen masyarakat asli Yogya, karena umumnya yang makan di restoran adalah turis dan pendatang. Oleh karena itu bagi masyarakat asli Yogya yang memiliki KTP Yogya akan mendapatkan diskon sebesar 30% saat makan di Restoran Sekar Kedhaton pada malam Minggu, wah asyik sekali ya yang memiliki KTP Yogya.

Tiba waktunya untuk mencicipi makanan yang telah tersaji di meja prasmanan, saya mengambil nasi kecombrang, lawar kacang panjang, telur rebus cabe ijo, sate lilit, sambel tempe, sambel matah, ayam nyat-nyat, ikan bakar Jimbaran, sambal Embe dan kerupuk. Piring saya terlihat penuh jadinya karena menu masakan khas Bali ini benar-benar menggoda mata dan lidah hehehe…

Menu yang saya coba pertamakali adalah nasi kecombrang karena saya belum pernah makan nasi kecombrang sebelumnya. Suapan pertama langsung jatuh cinta dengan rasanya uwuwu…Nasi terasa gurih dengan irisan bunga kecombrang dan bawang putih, tanpa lauk sajasudah terasa enak. Berikutnya saya mencoba sate lilit, daging ikan terasa manis dengan rasa gurih yang ringan dan tidak amis, pertanda mereka menggunakan ikan giling yang segar.

Nasi Kecombrang
Sate Lilit
Sambal Matah

Lalu saya mencoba lawar kacang panjang, masakan yang mirip trancam atau urap, lawar ini kacang panjang rebus yang dicampur dengan kelapa parut yang sudah diberi bumbu. Kemudian saya mencicipi semua menu yang ada di piring dan berhasil menghabiskannya bahkan menambah lagi sambal matah yang enak sekali rasanya karena dicampur dengan kecombrang. Untuk menetralkan lidah setelah makan menu utama berbumbu, disediakan dessert es buah melon kelapa yang segar, cocok saat diminum di cuaca panas Yogya, kue jajan pasar dan buah potong.

Es Gula Asem, Minuman Istimewa dari Restoran Sekar Kedhaton

Saya harus mengakui kalau semua makanan yang disajikan untuk menu Selayang Pandang edisi cita rasa Bali terasa enak karena racikan bumbu masakannya pas, bahan baku yang digunakan fresh dan kesesuaian antara satu menu dengan menu lainnya yang disajikan sehingga ketika bertemu di lidah mereka tidak berantem melainkan rasanya menari-nari dengan selaras menciptakan harmoni rasa yang indah dan menggugah.

Selain rasa makanan, suasana tempat yang nyaman, pelayanan yang ramah dan cekatan, pengunjung juga merasakan rileks saat makan karena telinga dimanjakan dengan musik tradisional Jawa yaitu suara gamelan dan lagu Jawa yang dimainkah oleh mbah-mbah yang sudah sepuh sehingga saya merasa ingin berlama-lama menyantap makanan di restoran. Kenyamanan memang berbahaya, bisa membuat siapapun jatuh cinta maka hati-hati dengan yang mampu membuat nyaman seperti si dia hehehe…..

Untuk menu Selayang Pandang yang disajikan prasmanan all you can eat dengan menu Nusantara yang berbeda setiap malam Minggu, pengunjung cukup membayar Rp. 119.000++ dan akan mendapatkan diskon 30% bagi orang yang memiliki KTP Yogya. Menurut saya, harga menu prasmanan Selayang Pandang di Restoran Sekar Kedhaton sepadan dengan rasa dan pengalaman makan yang istimewa di restoran.

Meskipun pada hari biasa tamu di Restoran Sekar Kedhaton didominasi rombongan turis dari travel yang bekerja sama dengan pihak restoran dengan menu paket tertentu, namun restoran ini juga bisa dinikmati perorangan dengan menu-menu yang bisa dipilih di buku menu, siapkan saja budget minimal Rp. 70.000 untuk makan di sini.

Makan malam saya terasa istimewa dan berkesan dengan menu Selayang Pandang di Restoran Sekar Kedhaton….

Restoran mana yang mampu meninggalkan kesan di hatimu? Share di kolom komen ya teman-teman.

 

Iklan

19 comments

  1. Hahaha udah lama Bang, sudah 2 tahun semalam liat FB abang pas buka FB tentang Danau Sentarum, pengen bertegur sapa eh lah dalah malah Bang Yudi komen di sini, kok bisa ya frekuensinya sama

    Suka

  2. Asyiikkk, aku bisa dapet diskon 30% nih, ehehe. Desain interiornya mewah banget, kayak tempat makan raja atau Bale Raos.

    Baru beberapa hari lalu cobain Nasi Kecombrang juga di salah satu cafe baru di Bandung. Suka! Gurih, dan ada sensasi “segar” dari bunga kecombrang-nya.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s