Rencana Traveling Saat Libur Natal Tahun Ini

Suasana kemeriahan natal di Beijing

Hari Natal tidak hanya ditunggu-tunggu oleh umat kristiani saja, tetapi juga orang-orang yang haus liburan seperti saya contohnya. Menjelang akhir tahun, saya berencana untuk pergi berlibur. Saya butuh untuk menyegarkan pikiran dan hati dari kesibukan kerja dan kuliah. Sebelum memesan tiket pesawat dan hotel, saya memeriksa hari libur nasional dan cuti bersama lebih dahulu agar bisa berlibur lebih lama. Rasanya capek di jalan jika menghabiskan liburan dua atau tiga hari saja.

Setelah melihat kalender, saya merasa lega karena liburan saya tahun ini bisa lebih panjang dengan menggabungkan hari libur nasional, cuti bersama dan cuti kerja. Saya bisa mendapatkan liburan total selama 9 hari, waktu yang cukup panjang untuk menikmati liburan. Saya bisa berangkat mulai hari Sabtu tanggal 22 Desember dan kembali tanggal 30 Desember 2018. Ternyata banyak juga jatah liburan saya tahun ini. Alhamdulillah ya sesuatu…

Tidak sampai sebulan lagi rencana liburan tersebut akan dilaksanakan. Saya bersemangat untuk mencari informasi dan membuat list destinasi mana saja yang ingin saya kunjungi tahun ini. Tahun 2016, saya sudah menghabiskan liburan natal dan tahun baru di Beijing, kemudian tahun 2017 saya pergi ke Bangkok untuk menikmati libur hari natal, sehingga tahun ini saya ingin menghabiskan liburan natal di tanah air saja karena budget saya tidak begitu banyak, yang penting saya bisa break dari rutinitas.

Kemeriahan Natal di Bangkok

Setelah mengumpulkan informasi dan mempertimbangkan banyak hal, akhirnya saya memutuskan Sulawesi Selatan sebagai destinasi liburan saya. Apa yang menarik dari propinsi yang ibu kotanya Makassar ini?

Sudah lama saya ingin mengunjungi Sulawesi Selatan karena tertarik dengan kuliner, wisata alam dan budayanya. Beberapa kuliner Makassar sudah sering saya coba seperti Coto Makassar, es pisang ijo dan barongko, tapi mencicipi makanan khas di tempat asalnya memiliki sensasi rasa yang berbeda.

Nikmatnya Coto Makassar

Selain itu, Sulawesi Selatan juga memiliki keindahan alam mempesona, sudah lama saya ingin mengunjungi Taman Nasional Bantimurung di Maros untuk melihat beragam spesies kupu-kupu dan juga batu-batu karst di sana. Sebagai penyuka pantai saya juga ingin berkunjung ke Pulau Samalona, pulau yang terkenal memiliki pantai yang indah dengan laut berwarna biru jernih dan pasirnya yang putih, ah tak sabar merasakan hembusan angin pantai dan bermain kejar-kejaran bersama ombak.

Perayaan natal di Toraja Sulawesi Selatan sudah dimulai kemeriahannya sejak awal bulan Desember, banyak acara menarik diselenggarakan untuk memeriahkan natal sampai ke acara puncaknya. Acara menarik di Toraja pada saat menjelang natal yaitu Lettoan dan Festival Lovely December. Festival tahunan budaya dan pariwisata di Toraja.

Festival Lovely December Toraja (sumber foto: Tirto ID)

Selama bulan Desember, pengunjung dapat menikmati beragam acara mulai dari kuliner, pertunjukan seni budaya tradisional dan modern, karnaval dan juga kerajinan tangan. Festival Lovely December ini diadakan gratis untuk wisatawan dan juga masyarakat Toraja. Perayaan festival ini dimulai dengan pemotongan kerbau belang di awal bulan Desember sementara  pada puncak acara akan diadakan Lettoan, yaitu tradisi mengarak babi yang mewakili kebersamaan masyarakat Toraja.

Wah menarik sekali ya beragam acara untuk menyambut Natal di Toraja, oleh sebab itu saya ingin pergi ke sana saat liburan natal.

Saya mulai mencari tiket pesawat dan hotel, namun liburan hari natal merupakan peak season yang membuat harga tiket pesawat dan hotel melambung. Setelah membandingkan harga di beberapa website online travel dan mendapati semua harga tinggi, saya menjatuhkan pilihan pada traveloka karena memiliki program booking flight dan hotel jadi satu sehingga harga menjadi lebih murah karena otomatis mendapatkan potongan harga 20% tanpa syarat.

Saya terbantu sekali dengan apps Traveloka yang mudah sekali digunakan, saya tinggal duduk manis, pilih tanggal dan destinasi yang diinginkan, voila list pesawat dan hotel beserta harganya langsung keluar,  lalu kita bisa sortir dari harga terendah.

Untuk rencana liburan selama delapan hari, harga yang saya dapatkan sungguh murah, sangat cocok dengan kantong backpacker yang terbatas. Harganya gila nih! Tidak sampai 3 juta guys karena diskon dari traveloka yang lumayan banget.

Memilih flight dan hotel bersamaan akan memberikan banyak keuntungan yaitu; mudah dan saving time karena praktis, tinggal menggunakan apps traveloka di hape, lebih murah daripada pesan terpisah, tiket pesawat sendiri dan hotel sendiri, budget yang dibutuhkan bisa dua kali lipat lho.

Kelebihan Traveloka lainnya ada pada cara pembayaran yang menggunakan banyak metode seperti online transfer, transfer atm bahkan bisa bayar lewat indomaret atau alfamart. Semudah itu jika menggunakan Traveloka, kapanpun dimanapun teman-teman perlu liburan tinggal duduk manis dan booking tiket pesawat beserta hotel melalui apps Traveloka saja yang sangat mudah digunakan.

Jika kita bisa berhemat untuk tiket pesawat dan hotel, maka sisa uangnya bisa digunakan untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga tercinta, belanja baju ataupun makan di tempat fancy.

Saya tidak sabar untuk menikmati liburan natal tahun ini. Nah teman-teman sendiri sudahkah merencanakan mau libur kemana akhir tahun ini?

Iklan

13 comments

  1. Hahaha mudiknya mbak Noni di US sih ya, mudik rasa liburan. Btw ada temenku sesama anak biologi namanya Ade dari pasca Biologi UGM mau penelitian orang utan di tempatnya mbak Noni di Medan

    Suka

  2. Maskapai itu pilihan Mas, kalau mau Lion air harganya segitu, kalau mau pilih maskapai lain harganya beda, itu gambaran harganya kalau milih Lion Air. Parno sih iya tapi kalau siikutin parnonya ya nggak jadi jalan2 saya Mas 🙂

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s