Rekomendasi Tempat Makan Gelato di Yogya

Cuaca Yogya yang panas memang paling pas kalau dibikin adem dengan makanan yang dingin dan manis. Mungkin hampir semua orang sulit untuk menolak jika diajak makan gelato di siang hari nan terik, kecuali kalau kamu sedang sakit hati gigi. Meskipun untuk menyantap gelato bisa kapan saja tergantung selera. Bisa pagi, siang, sore atau malam hari terserah kayak ngirim wa ke doi.

Gelato merupakan es krim asal Italia. Walaupun demikian, es krim berbeda dengan gelato. Perbedaan tersebut terdapat pada sejarah, tekstur , bahan maupun teknik pembuatannya. Jika ingin menyantap gelato tidak perlu jauh ke Italia my lov, sekarang relatif mudah untuk menikmati gelato di Indonesia. Ada banyak tempat yang menjual gelato di beberapa kota besar di Indonesia .

Eh tapi kalau tajir mah bebas, tinggal cuss pergi ke Italia hanya untuk makan gelato seperti Julia Robert di film Eat, Pray and Love.

Saya mencicipi gelato pertama kali di Ubud Bali. Sebuah toko gelato mungil di Ubud menjual gelato yang rasanya sangat enak dan porsinya besar. Saat itu, saya memilih dua rasa, yaitu coklat dan mint. Rasanya seperti makan odol (pasta gigi) dicampur coklat hahaha. Tetapi tetap saja enak menurutku karena makannya di Ubud.

Pengalaman pertama memang selalu meninggalkan kesan mendalam.  Sejak itu, saya jatuh cinta dengan gelato. Saya tidak masalah harus menyediakan waktu dan budget lebih untuk makan gelato. Tidak ada kata diet untuk gelato, toh makannya juga nggak tiap hari, nggak ada salahnya memanjakan lidah dan hati sendiri, bukan lidah dan hati orang lain yha. Lalu senyap hehehe…..

Di Yogya, ada beberapa tempat makan gelato yang sudah saya datangi dan cicipi gelatonya. Saya membuat daftar rekomendasi tempat makan gelato enak berdasarkan penilaian pribadi. Semua tempat gelato ini saya suka, sehingga saya mau merekomendasikan.

Kalau teman-teman berkunjung ke Yogya, mencicipi gelato di empat tempat berikut bisa menjadi bahan pertimbangan untuk nongkrong bersama teman ataupun keluarga.

  1. Massimo Express Yogya

Gelato Massimo di Bali membuka cabangnya di Yogya, jadi kalau kamu kepengen makan gelato hits yang ada di Bali tidak perlu jauh ke Bali, di Yogya ada. Saya datang ke Massimo bersama Dita, blogger yang males mandi. Saya suka tempatnya, begitu masuk di halaman, kita akan melihat air mancur dan taman yang asri. Tempat duduk outdoor dan indoor juga tersedia dengan desain ala Eropa.

Gelato tiga rasa (wild berry cheese cake, bubble gum dan coklat duplo)

Yang paling istimewa di Massimo gelato adalah mereka menawarkan banyak sekali rasa gelato yang unik seperti wild berry cheese cake, blueberry cheese cake, paradise, duplo chocolate dan masih banyak lagi yang namanya susah untuk disebutkan karena cukup jarang ditemukan pada gerai gelato lain. Tekstur gelato Massimo berat dan tebal sehingga pas dimakan cukup lama berada di mulut untuk dikunyah dan diresapi kelezatan rasanya, setelah selesai makan, perut terasa kenyang banget.

Pilihan rasa gelato di Massimo bikin ngiler semua

Selain menyajikan gelato, Massimo juga menyajikan pizza dan pasta. Saya tidak memesan pizza jadi tidak tahu rasanya, namun saya melihat pembuatan pizza karena mereka menganut open kitchen. Pizza benar-benar fresh from the oven, pengunjung dapat melihat proses pembuatan pizza karena tungku kayu dan meja tempat membuat pizza di letakkan di luar. Saat ada pesanan, pizza baru dibuat dan di panggang.

Tak cuma rasa gelato yang bervariasi, rasa cone juga ada beberapa macam seperti pistachio yang berwarna hijau, espresso yang berwarna coklat tua dan strawberry yang berwarna pink.

Satu cone dengan tiga pilihan rasa yang bisa dipilih dan porsinya sangat banyak, harganya 25 ribu. Menurut saya ini harga terbaik dengan kualitas rasa dan tempat yang sangat memuaskan. Di mana lagi dapat ditemukan tempat makan gelato terbaik dari sisi harga dan rasa kecuali di Massimo.

I love you Massimo. Sudah terlanjur bucin hehehe.

Alamat: Jl. Suryodiningratan No.10, Mantrijeron, Kota Yogyakarta

Baru dikabari teman Massimo tutup guys 😦 Artinya kita musti ke Bali huhuhu

  1. Milk by Artemi

Suka banget dengan konsep baru Artemy gelato yang sekarang menjadi Milk by Artemy. Tempatnya cakep banget dan lucu buat hang out bareng teman kuliah, teman tapi cinta, teman tapi manten atau teman tapi nikung eh, terserah saja ehe… ehe….

Gelato di Milk by Artemi

Interior campuran warna putih, coklat dan hijau dengan konsep minimalis sehingga terasa fresh, clean dan cozy. Di dalam ruangan terdapat tanaman hias yang menyegarkan mata dan juga ada bawang bombay yang ditanam di gelas kaca untuk menyerap bau yang tidak enak.

Pilihan rasa gelato klasik, tidak banyak rasa yang aneh atau unik namun mereka memiliki gelato dengan tekstur yang lembuuut banget kayak sikap doi pas baru PDKT. Manisnya pas nggak kemanisan kayak janjimu Mas.

Waktu ke sini bareng teman, dia memesan susu coklat sementara saya memesan gelato. Pas di counter gelato, bingung dong milih rasa apa karena semuanya terlihat enak. Akhirnya daripada memilih rasa yang belum jelas enak apa enggak, lebih baik yang udah pasti aja yaitu rasa strawberry dan green tea.

Selain tempatnya instagramable dan fotoable, di sini juga free wifi dan cukup tersedia colokan listrik kalau ingin charge Hp atau laptop sehingga tidak kehabisan baterai pas nugas, update instastory atau nulis blog.

Harga gelato untuk dua rasa menggunakan cup 25 ribu, kalau menggunakan cone tambah 3 ribu lagi, sementara harga sebotol susu dingin 25 ribu. Air putih disediakan gratis di meja, yang bisa diambil sendiri secara bebas.

Alamat: Jl. Kranggan No.58, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta,

  1. Tempo Gelato

Tempat makan gelato paling terkenal di Yogya. Salah satu tempat favorit wisatawan untuk menikmati gelato di kota Yogya. Tempo gelato memiliki tiga cabang, di Prawirotaman, Taman Siswa dan Jalan Kaliurang. Rasanya hampir tak pernah melihat Tempo gelato sepi pengunjung, selalu penuh sesak apalagi saat siang dan malam hari.

Antrian pembeli di Tempo Gelato Prawirotaman

Saya selalu merekomendasikan Tempo gelato ke teman atau keluarga yang berkunjung ke Yogya dan ingin mencicipi gelato karena salah satu cabangnya ada di dekat kampus UGM sehingga tidak perlu menempuh perjalanan jauh kalau ingin meet up dengan saya sambil makan gelato. Ya kalau ada tempat yang dekat ngapain cari yang jauh, kalau ada calon yang dekat ngapain cari calon yang jauh huahahaha…..

Rasa coklat dan kiwi

Gelato di Tempo porsinya besar, rasa cone enak dan renyah, variasi rasanya juga sangat banyak yang semuanya tampak lezat. Sebelum memilih rasa, pengunjung dapat mencicipi dulu rasa gelato sebelum memutuskan rasa apa yang diinginkan. Jadi kita nggak bakalan zonk kalau ternyata rasa yang kita mau nggak begitu cocok di lidah.

Interior di Tempo gelato juga instagramable bergaya industrial urban dengan desain counter gelato yang mewah, desain lampu dan pecahayaan yang cantik ditambah tempat duduk berbahan kayu dan hiasan dinding pajangan foto-foto pengunjung yang pernah makan gelato di Tempo membuat tempat ini terasa istimewa.

Gelato dengan cone yang terdiri dari dua rasa seharga 25 ribu, teksturnya cukup berat dan terasa sangat manis untuk ukuran lidahku, dijamin habis makan ini terasa kenyang. Biasanya saya memadukan satu rasa yang gurih manis seperti Thai tea, coklat atau kelapa dengan yang rasa asam segar seperti rasa buah yaitu mangga, kiwi atau strawberry.

Bisa dimengerti mengapa Tempo gelato selalu ramai karena lokasinya strategis, rasa gelato enak, tempatnya instagramable dan harganya terjangkau dengan porsi yang besar.

Alamat: Jalan Kaliurang, Jalan Prawirotaman dan Jalan Taman Siswa Yogyakarta

  1. Arlecchino Gelato

Saya tahu Arleccino gelato karena sering lewat gerainya di sebelah Els komputer tapi nggak sempat mampir. Pas ada festival jajanan di Yogya, ada booth Arlecchino gelato, jadilah beli dan mencicipi. Ternyata gelatonya enak, meskipun mudah sekali cair, mungkin karena tempat festivalnya outdoor.

Pilihan rasanya ada beberapa yang unik seperti black charcoal, jadi gelatonya berwarna hitam tapi rasanya bukan rasa arang, duh kayak pernah makan arang aja ya hahaha.

Untuk satu cup isi dua rasa harganya 25 ribu, rasa gelato yang pernah saya coba yaitu strawberry yoghurt, chocolate cookies, choco mint dan black charcoal. Masih penasaran dengan rasa gelato yang lain dari Arlecchino. Itu artinya saya akan mampir ke gerainya.

Alamat: Jl. C. Simanjuntak No.36B, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Du…du…du menulis tentang gelato ini sebuah kesalahan besar, bayangan rasa manis, dingin dan lumer dalam setiap jilatan gelato terbayang-bayang, membuat saraf di otak memberi perintah untuk  segera memesan ojek online dan datang ke sana membeli gelato.

Slurp…slurp…. slurp…..

Sementara ini baru empat tempat makan gelato di Yogya yang saya rekomendasikan, nanti akan saya tambah begitu saya mencicipi gelato enak di tempat yang lain.

Apakah teman-teman punya rekomendasi tempat makan gelato favorit? Sharing dunk di kolom komen.

Iklan

31 comments

  1. Gelato di Jogja yang selain tempat yg sudah mbak sebutkan, ada juga di :
    – Punika Deli di Hotel Royal Ambarrukmo. itu juga cukup recommended menurutku.
    – Iconic Gelato & Bistro di Jl. Magelang, sebelah JCM pas. Gelato-nya lumayan banyak variannya.
    Mungkin bisa menambah pilihan ya mbak 🙂

    Suka

  2. Cobain Cono Gelateria, kak. Itu gelatonya beda dari gelato kebanyakan karena konsepnya gelato vegan gitu. Buat yg nggak terlalu suka manis tapi ingin mam gelato bisa ke sana. Tempatnya bareng di kedai Kebun Roti gejayan. Ada semua di IG.

    Suka

  3. Aku udah pernah cobain Milk by Artemi, Arlecchino dan Tempo, tapi yang jadi favorit Milk by Artemi, sih. Hehe. Btw, Massimo udah tutup ya, Mbak? Huhu, padahal belum sempat coba ke sana. Makasih infonya Mbak, salam kenaaal 😀

    Suka

  4. salam kenal, makasih udah mampir. Milk by Artemi tempatnya memang lebih asyik dibandingkan Tempo tapi Tempo lebih hits di instagram, nggak apalah biar Milk by Artemi tetap nyaman

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s